PENGEMBANGAN BASIS DATA SURVEILANS BENCANA BANJIR DI PUSKESMAS KANOR KABUPATEN BOJONEGORO

REKHA FINAZIS, 101514553009 (2018) PENGEMBANGAN BASIS DATA SURVEILANS BENCANA BANJIR DI PUSKESMAS KANOR KABUPATEN BOJONEGORO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TEP 11-18 Fin p.pdf
Restricted to Registered users only until 8 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan rawan terhadap bencana.Data dari BNPB menyebutkan bahwa di tahun 2016 pada bulan januari hingga juni terdapat sebanyak 1.287 kejadian bencana. Pada juli tahun 2016, bencana hidrometeorologi khususnya banjir masih mendominasi di Indonesia. Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu daerah yang rawan terhadap bencana banjir, dan Puskesmas Kanor merupakan salah satu puskesmas yang berpotensi terkena dampak luapan sungai Bengawan Solo. Oleh karena itu, perlu dilakukan surveilans pra, saat dan pasca bencana untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana banjir di wilayah tersebut.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengembangkan basis data surveilans bencana banjir di Puskesmas Kanor di Kabupaten Bojonegoro. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan basis data dan termasuk penelitian action research. Unit analisis penelitian ini adlah unit desa di wilayah kerja Puskesmas Kanor. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam kepada petugas kesehatan. Adapun kerangka operasional dalam penelitian ini dimulai dari analisis sistem surveilans yang sedang berjalan, analisis kebutuhan data dan infromasi, pengembangan basis data dan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sistem surveilans yang sedang berjalan ditemukan masalah pada komponen input, proses dan output. Data surveilans pra bencana meliputi data data geografis, data demografis, data situasi kesehatan, dan data upaya kesehatan. Pada data surveilans saat bencana meliputi data bencana banjir, data korban bencana, data dampak bencana dan data kebutuhan korban bencana. Data surveilans pasca bencana meliputi data tempat penampungan, data sanitasi, data air bersih, data air minum, data lingkungan, data gizi,data angka kesakitan. Semua data tersebut menghasilkan informasi kesiapan kapasitas untuk bencana banjir, frekuensi data korban dan dampak bencana, frekuensi data kebutuhan korban bencana, dan rencana tindak lanjut. Setelah dilakukan identifikasi kebutuhan data dan informasi maka dirancang sebuah basis data surveilans bencana banjir yang berbasis website. Saat ujicoba dilakukan, petugas kesehatan menyatakan bahwa aplikasi tersebut dapat memenuhi atribut kesederhanaan, stabilitas data, kualitas data dan kecepatan data. Kesimpulan bahwa pengembangan basis data surveilans bencana Puskesmas Kanor Kabupaten Bojonegoro menggunakan aplikasi berbasis website, yang mempermudah petugas kesehatan dalam melakukan pencatatan dan pelaporan bencana khususnya bencana banjir dari pra bencana, saat bencana dan pasca bencana.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TEP. 11/18 Fin p
Uncontrolled Keywords: Surveilans Bencana, Bencana Banjir, Basis Data
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Epidemiologi
Creators:
CreatorsEmail
REKHA FINAZIS, 101514553009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHari Basuki N, Dr. , dr.,M.Kes,UNSPECIFIED
ContributorChatarina U.W, Prof. Dr. , dr., MS, M.PH.,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 07 Mar 2018 21:05
Last Modified: 07 Mar 2018 21:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item