EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE REMEDIAL MENULIS INTEGRASI VISUAL MOTORIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HANDWRITING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

YUSTISIANA HIDAYATI, 111314153003 (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE REMEDIAL MENULIS INTEGRASI VISUAL MOTORIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HANDWRITING PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2021.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode remedial menulis integrasi visual motorik untuk meningkatkan kualitas handwriting pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini difokuskan kepada siswa sekolah dasar kelas 4 dan 5 karena pada masa ini kemampuan menulis tangan anak seharusnya telah matang dan kualitas hasil tulisan berkembang baik. Perkembangan kemampuan menulis tangan yang terhambat akan mempengaruhi performa akademik, rendahnya self-esteem dan kurang percaya diri. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen quasi dengan single group pretest-postest design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 5 siswa, kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar yang merupakan anak asuh di Panti Asuhan As-Salam Surabaya. Subjek diberi perlakuan berupa kegiatan remedial menulis integrasi visual motorik untuk meningkatkan kualitas handwriting. Alat pengumpul data adalah form observasi kualitas handwriting untuk siswa Sekolah Dasar. Pengukuran kualitas handwriting dilakukan melalui pre-test dan post-test. Data dianalisa menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan remedial menulis integrasi visual motorik efektif meningkatkan kualitas handwriting, khususnya pada siswa Sekolah Dasar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik dengan nilai signifikansi 0,043 (p < 0,05) yang artinya hipotesis diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Tpsi 08/18 Hid e
Uncontrolled Keywords: Kualitas Menulis Tangan, Remedial Menulis, Integrasi Visual Morotik, Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
YUSTISIANA HIDAYATI, 111314153003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHerdina Indrijati, M.Psi.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2018 22:17
Last Modified: 08 Mar 2018 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70535
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item