Efektivitas Penerapan Pembelajaran Koperatif Teknik Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak

Raissa Citra Ellena, 111514153003 (2018) Efektivitas Penerapan Pembelajaran Koperatif Teknik Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2021.

Download (1MB)

Abstract

Belakangan ini, banyak siswa di taman kanak-kanak memiliki perilaku yang cenderung kurang baik seperti rendahnya empati terhadap teman, minimnya kemampuan komunikasi, kurang memiliki kemampuan kerja sama, tanggung jawab, kontrol diri, keterlibatan diri dalam proses pembelajaran, dan sikap asertif. Salah satu penyebab adanya perilaku tersebut adalah rendahnya keterampilan sosial yang dimiliki anak. Selain orangtua, sekolah juga berperan penting dalam mengajarkan anak mengenai keterampilan sosial. Berdasarkan asesmen, terdapat taman kanak-kanak yang belum memiliki program terstruktur untuk mengembangkan keterampilan sosial anak di sekolah. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan nonrandomized control group pretest posttest design, bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif teknik numbered heads together efektif meningkatkan keterampilan sosial pada siswa taman kanak-kanak. Pembelajaran kooperatif teknik numbered heads together dilaksanakan selama delapan hari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah sepuluh siswa pada kelas eksperimen dan sepuluh siswa pada kelas kontrol yang diperoleh berdasarkan hasil skala keterampilan sosial di bawah ratarata oleh orangtua dan guru. Hasil penelitian uji statistik dengan menggunakan uji mann whitney dan wilcoxon menunjukkan signifikan sebesar 0,005 (<0,05) yang menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan sosial pada subjek penelitian eksperimen pada saat sebelum dan sesudah penerapan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik numbered heads together efektif meningkatkan keterampilan sosial siswa taman kanak-kanak baik pada aspek komunikasi, kerja sama, asertif, tanggung jawab, empati, keterlibatan diri dan kontrol diri

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK Tpsi 09/18 Ell e
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, numbered heads together, keterampilan sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Raissa Citra Ellena, 111514153003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDewi Retno Suminar, Dr.,M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2018 22:27
Last Modified: 08 Mar 2018 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70537
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item