PELATIHAN PENGGUNAAN METODE PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU VISUAL PADA GURU DALAM BERKOMUNIKASI DENGAN SISWA DI MI SALSABILA CAMP SIDOARJO

DEVIENA AMALIA, S.Psi, 111314153014 (2018) PELATIHAN PENGGUNAAN METODE PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU VISUAL PADA GURU DALAM BERKOMUNIKASI DENGAN SISWA DI MI SALSABILA CAMP SIDOARJO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2021.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan keterampilan menggunakan alat bantu visual pada guru dalam berkomunikasi dengan siswa yang setelah memperoleh intervensi pelatihan penggunaan metode Picture Exchange Communication System (PECS) di MI Salsabila Camp Sidoarjo. Penelitian ini lebih difokuskan kepada guru karena guru merupakan pendidik sekaligus pembimbing siswa di sekolah yang memiliki tugas dan tanggung jawab tidak hanya menyampaikan materi namun juga membimbing siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimental dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang guru MI di Salsabila Camp Sidoarjo. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berhubungan dengan evaluasi keterampilan menggunakan alat bantu visual pada guru dalam berkomunikasi yang mencakup aspek pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill). Validitas alat ukur ini adalah validitas isi dengan reliabilitas untuk alat ukur aspek pengetahuan 0,855, sedangkan reliabilitas untuk alat ukur aspek perilaku (interater) adalah 0,88. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test untuk melihat uji beda baik di aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Hasil analisa data terhadap skor subjek untuk aspek pengetahuan diperoleh nilai p sebesar 0,043 (<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan guru terhadap penggunaan alat bantu visual. Analisa data terhadap skor subjek untuk aspek keterampilan diperoleh nilai p sebesar 0,068 (< 0,05), artinya tidak ada perbedaan yang signifikan pada aspek keterampilan (skill) dalam menggunakan alat bantu visual pada guru. Hal ini dimungkinkan karena dalam penelitian ini memiliki variabel extraneous yang cukup besar seperti history, maturasi, testing.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK Tpsi 10/18 Ama p
Uncontrolled Keywords: Guru, keterampilan menggunakan alat bantu visual, metode Picture Exchange Communication System (PECS), pelatihan guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
DEVIENA AMALIA, S.Psi, 111314153014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFitri Andriani, S.Psi., M.Si., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2018 22:35
Last Modified: 08 Mar 2018 22:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70538
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item