FORMULASI STRATEGI DISTRIBUTOR KERUPUK UD. ARYS JAYA MENGGUNAKAN MODEL STRATEGI DIAMOND

Aninditya Ayu Rizki, 041524353028 (2018) FORMULASI STRATEGI DISTRIBUTOR KERUPUK UD. ARYS JAYA MENGGUNAKAN MODEL STRATEGI DIAMOND. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
MM. 43-18 Riz f Abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
MM. 43-18 Riz f.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

UD. Arys Jaya adalah sebuah bisnis yang bergerak sebagai distributor dan retailer di Sidoarjo, Jawa Timur. Bisnis yang didirikan sejak Juni 2015 ini telah memiliki 2 toko retail yang masing-masing dibuka pada Juni 2016 dan November 2017. Ide yang mendasari pembukaan toko retail ini adalah karena pemilik yang bertujuan untuk melakukan backward integration yakni dengan menjadi produsen kerupuk sejak awal pendirian UD. Arys Jaya. Namun, dengan kondisi adanya kondisi persaingan pangsa pasar dengan kompetitor dan kewajiban jangka pendek serta tujuan jangka panjang perusahaan, maka UD. Arys Jaya harus mulai memikirkan strategi yang tepat. Penelitian ini menggunakan analisis tren pasar dan konsumen, analisis lingkungan makro, analisis kompetitor, dan analisis sumber daya, kekuatan internal dan eksternal untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh pada pencapaian tujuan perusahaan. Analisis-analisis tersebut dilakukan dengan melakukan studi pustaka. Selain itu, penelitian juga dilakukan dengan menggali informasi dari narasumber berkaitan hal yang akan dianalisis dengan teknik wawancara. Wawancara dilakukan menggunakan panduan wawancara yang telah dipersiapkan. Setelah didapatkan hasil tabulasi data, kemudian digunakan untuk memberikan rekomendasi formulasi strategi dengan model strategi diamond. Hasil penelitian adalah rumusan strategi perusahaan berdasarkan konsep strategi diamond yang meliputi arena, vehicle, differentiator, staging, dan economic logic. Pada elemen arena, didapatkan strategi bahwa UD. Arys Jaya harus mampu memperbesar pangsa pasarnya di Jawa Timur sebesar 90% pada akhir tahun 2020. Pada elemen vehicle, strategi pengembangan internal yang dinilai paling tepat adalah dengan melakukan kerjasama strategis dengan distributor lokal di masing-masing kota. Pada elemen differentiator, UD. Arys Jaya harus memasuki pasar penjualan online sehingga pangsa pasar konsumen retailnya tidak hanya terbatas di kota Sidoarjo saja. Selain itu, pelayanan kustomisasi pada pelanggan juga harus dipertahankan mengingat hal tersebut tidak dimiliki oleh kompetitor. Pada elemen staging, saat ini UD. Arys Jaya baru mulai memasuki tahapan rencana jangka menengah direncanakan untuk dilakukan mulai tahun 2018 hingga 2020. Terakhir, pada elemen economic logic, penggunaan metode best cost dan pemanfaatan skala ekonomi harus terus dipertahankan guna mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 43-18 Riz f
Uncontrolled Keywords: strategi bisnis, analisis tren pasar dan konsumen, analisis makro, analisis kompetitor, analisis sumberdaya, kekuatan dan kelemahan, strategi diamond
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Komunitas
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Aninditya Ayu Rizki, 041524353028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBadri Munir Sukoco, Prof., SE., MBA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Mar 2018 15:47
Last Modified: 11 Mar 2018 15:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70553
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item