KAMPANYE PROGRAM SIDOARJO BERSIH DAN HIJAU PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO (Studi Evaluasi Kampanye Program Sidoarjo Bersih dan Hijau Pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Sidoarjo)

Revindia Carina, 071411533023 (2017) KAMPANYE PROGRAM SIDOARJO BERSIH DAN HIJAU PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO (Studi Evaluasi Kampanye Program Sidoarjo Bersih dan Hijau Pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.05 18 Car k.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.05 18 Car k.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.05 18 Car k.pdf

Download (320kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam mewujudkan kebijakan dalam pelestarian lingkungan hidup, sejak tahun 2008 Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah mengkampanyekan program Sidoarjo Bersih dan Hijau. Dimana sesuai dengan yang tertuang dalam peraturan Bupati No. 188 bahwa tim pelaksana adalah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Sidoarjo. Disini peneliti akan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang akan mendeskripsikan proses pelaksanaan kampanye program Sidoarjo Bersih dan Hijau sebagai studi evaluasi dengan mengumpulkan data melalui indepth interview, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan persepsi peneliti, telah ditemukan mengenai jenis kampanye program Sidoarjo Bersih dan Hijau yang dijalankan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Sidoarjo adalah Ideological or Cause-Oriented Campigns yaitu kampanye yang berdimensi khusus yang bertujuan untuk perubahan sosial. Walaupun strategi kampanye dikemas dalam rangkaian kompetisi, dapat diidentifikasi perencanaan dan pelaksanaanya yang memiliki tujuan khusus maupun umum. Dalam penelitian ini, dengan menggunakan perspektif proses tahapan perencanaan Kampanye Public Relations menurut Anne Gregory peneliti juga menemukan tentang rincian analisa proses, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi Kampanye. Dan pada akhirnya penelitian ini dapat membuktikan, bahwa kampanye program SBH sudah dilaksanakan dengan baik untuk mencapai tujuan dalam dimensi kompetisi, namun dapat ditemukan celah dari strategi sehingga keberlanjutan sikap dan perilaku masyarakat masih belum tercapai karena pesan belum terinternalisasi. Hasil temuan ini menjadi bahan evaluasi dan rekomendasi selanjutnya agar memperhatikan elemen-elemen komunikasi seperti; Komunikator, Pesan, Media/ Saluran, Komunikan dan Dampak, agar capaian kampanye lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.05/18 Car k
Uncontrolled Keywords: Kampanye Program , Public Relations , Sidoarjo Bersih dan Hijau, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Kabupaten Sidoarjo
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism > HX1-970.7 Socialism. Communism. Anarchism > HX519-550 Communism/socialism in relation to special topics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Revindia Carina, 071411533023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Mar 2018 19:22
Last Modified: 11 Mar 2018 19:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70582
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item