PENERIMAAN KHALAYAK PEREMPUAN TERHADAP IDENTITAS MASKULIN PADA FIGUR MODEL IKLAN KECANTIKAN OLAY TOTAL EFFECT EDISI TARA BASRO

ZULI AGUSTIN, 071311533019 (2017) PENERIMAAN KHALAYAK PEREMPUAN TERHADAP IDENTITAS MASKULIN PADA FIGUR MODEL IKLAN KECANTIKAN OLAY TOTAL EFFECT EDISI TARA BASRO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.23 18 Agu p.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.23 18 Agu p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.23 18 Agu p.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana penerimaan khalayak perempuan terhadap identitas maskulin dalam iklan produk kecantikan Olay Total Effect edisi Tara Basro. Identitas maskulin dalam penelitian ini, dibatasi hanya pada visualisasi identitas maskulin pada figur model dalam iklan tersebut. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam (indepth interview) pada enam orang informan yang memiliki latar belakang yang berbeda. Seperti kebudayaan, pekerjaan, status ekonomi dan agama. Perbedaan latar belakang tersebut diharapkan dapat menghasilkan penerimaan yang beragam oleh keenam informan. Topik ini menarik untuk diteliti karena peneliti melihat bahwa iklan produk kecantikan kini tidak lagi dikaitkan dengan femininitas perempuan. Peneliti juga berasumsi bahwa iklan Olay Total Effect versi Tara Basro ini lebih menonjolkan identitas maskulin melalui penampilan, postur tubuh, pakaian maupun aktifitas yang dilakukan oleh model dalam iklan. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kebudayaan darimana informan berasal sedikit banyak dapat mempengaruhi bagaimana penerimanan informan terhadap identitas maskulin. Selain itu kebiasaan informan dalam mengonsumsi media televisi juga dapat mempengaruhi pandangan informan mengenai identitas maskulin dalam iklan. Selanjutnya, hal lain yang dapat mempengaruhi informan dalam melihat identitas maskulin adalah lingkungan, baik tempat tinggal maupun pekerjaan. Tak hanya itu saja, dalam penelitian ini ditemukan salah satu informan yang pernah mengalami kegagalan dalam berumahtangga, sehingga hal tersebut mempengaruhinya dalam memandang identitas maskulin itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.23/18 Agu p
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Khalayak, Khalayak Perempuan, Identitas Maskulin, Iklan Produk Kecantikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL458 Women in Comparative Religion
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ZULI AGUSTIN, 071311533019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLiestianingsih Dwi D., Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Mar 2018 20:08
Last Modified: 11 Mar 2018 20:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70592
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item