PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING ORIENTATION TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. BUMIPUTERAMUDA 1967 DI JEMBER

NUGROHO CATUR RIYANTO, 040338163 (2006) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING ORIENTATION TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. BUMIPUTERAMUDA 1967 DI JEMBER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-riyantonug-2926-b18106-k.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7060a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Relationship Marketing adalah merupakan salah satu strategi pemasaran yang memfokuskan pada menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan, supplier dan distributor. Strategi tersebut digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, yang mengacu pada prinsip-prinsip relationship marketing yang menekankan pada menjaga hubungan jangka panjang. Penelitian ini dilakukan di PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 di Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Riset ini mencoba untuk mempelajari pengaruh dari bonding, emphaty, reciprocity, dan trust yang merupakan bentuk dari Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan. Menggunakan analisis regresi Tinier berganda dengan uji t untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel tergantung, dan uji F untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel tergantung. Dari pengolahan tersebut diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang kuat dari bonding, emphaty, reciprocity dan trust terhadap loyalitas pelanggan. Simpulan tadi diambil sesuai dengan basil hipotesis baik uji F (F hitung = 3.517 > Ftabel = 2.42) maupun pada uji t, t-hitung > t-tabel masing-masing variable (thitung X1=4.466; X2=3.708; X3=2.277dan X4= 5.211 > t-tabel =1,9739) Vabiabel reciprocity memiliki pengaruh yang dominan terhadap loyalitas pelanggan asuransi Bumiputeramuda 1967 Jember berdasarkan nilai koefisien beta yang cukup besar yaitu 0.021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 181/06 Riy p
Uncontrolled Keywords: MARKETING � MANAGEMENT; CONSYMER BEHAVIOR; STRATEGIC
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NUGROHO CATUR RIYANTO, 040338163UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorV. Henky Supit, Prof., S.E., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 21 Nov 2006 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 18:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7060
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item