PENGARUH KARAKTERISTIK PELAYANAN KESEHATAN, FAKTOR PETUGAS DAN INTERAKSI PROFESIONAL KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN ANTENATAL CARE(Studi kasus di wilayah kerja Puskesmas Wonokusumo Kota Surabaya)

MAULITA ARDHANA, 101511123040 (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK PELAYANAN KESEHATAN, FAKTOR PETUGAS DAN INTERAKSI PROFESIONAL KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN ANTENATAL CARE(Studi kasus di wilayah kerja Puskesmas Wonokusumo Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 13 March 2021.

Download (1MB)

Abstract

Angka kematian ibu (AKI) merupakan salah satu indikator pembangunan kesehatan di Indonesia, tetapi belum mampu mencapai target SPM Tahun 2016. Pemerintah telah menetapkan program Antenatal Care (ANC) untuk menurunkan AKI. Standar cakupan K4 tahun 2016 adalah 100%. Cakupan K4 adalah persentase jumlah ibu hamil yang melakukan kunjungan antenatal lengkap minimal 1 kali pada trimester I, 1 kali pada trimester II dan 2 kali pada trimester III. Beberapa puskesmas di Kota Surabaya masih belum mencapai target tersebut. Puskesmas yang memiliki cakupan K4 terendah yaitu di Puskesmas Wonokusumo dengan nilai cakupan K4 sebesar 54,95%. Hal tersebut disebabkan oleh karakteristik pelayanan kesehatan, petugas dan interaksi profesional kesehatan yang berpengaruh pada kepatuhan ibu hamil untuk berkunjung sesuai standar ANC. Tujuan penelitian ini untuk menyusun rekomendasi upaya peningkatan kepatuhan ibu hamil berkunjung sesuai standar ANC di wilayah kerja Puskesmas Wonokusumo. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner kepada 50 responden yang ditentukan berdasarkan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan ANC yaitu, waktu untuk mendapatkan pelayanan (p= 0,038, Exp (B)= 29,056); sikap petugas (p= 0,024, Exp (B)= 5,411); dan interaksi profesional kesehatan (p=0,025, Exp (B)= 4,216). Kesimpulan dari penelitian ini adalah meyusun upaya peningkatan kepatuhan ANC melalui rekomendasi. Rekomendasi tersebut dilakukan melalui peningkatan keterampilan komunikasi petugas dalam pelayanan, pemberlakuan aturan, penetapan prosedur, menambah poin keramahan dan kesabaran dalam kriteria penilaian kinerja. Saran yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kecepatan pelayanan, meningkatkan kemampuan komunikasi petugas dan meningkatkan kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 103/18 Ard p
Uncontrolled Keywords: Health Service’s Characteristic, Service Personnel and Professional Health Interaction, Compliance of ANC.
Subjects: R Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MAULITA ARDHANA, 101511123040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRatna Dwi Wulandari, , S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2018 23:41
Last Modified: 12 Mar 2018 23:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70651
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item