PERUBAHAN POLA PENYAKIT INFEKSI DI BIDANG ILMU KESEHATAN ANAK: Pidato Pengukuhan diucapkan pada peresmian penerimaan jabatan Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 1992

MOCHAMAD FARIED KASPAN, Prof. (1992) PERUBAHAN POLA PENYAKIT INFEKSI DI BIDANG ILMU KESEHATAN ANAK: Pidato Pengukuhan diucapkan pada peresmian penerimaan jabatan Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 1992. Fakultas Kedokteran, Surabaya Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (fulltext)
KKA KK PG. 247-10 Kas p.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penilaian status kesehatan setiap masyarakat dimulai dengan studi epidemiologi yang berkaitan dengan insidensi penyakit dan selanjutnya dengan studi yang menunjukkan pergeseran-pergeseran yang terjadi selama perjalanan waktu dan dampak program pencegahan, case findings, pengobatan, dan pemantauan. Dengan maju dan berkembangnya masyarakat, penyelesaian masalah memerlukan tidak hanya penelitian tetapi juga kemampuan managerial, demikian pula dalam menangani masalah kesehatan. Oleh karena itu akan selalu timbul perubahan dalam pembobotan penyebab morbiditas dan mortalitas, . Penyebab kematian bayi (sampai usia 1 tahun) adalah disenteri, pnemoni, campak, batuk rejan dll. Perjuangan dokter anak bersama dengan ahIi imunologi dan ahli kesehatan masyarakat membuahkan pengertian yang lebih baik tentang sebab dan pengelolaan banyak masalah bayi sehingga angka kematian bayi dapat diturunkan. Pada permulaan abad ke 20 ini, perjuangan pengendalian penyakit menular diperkuat dengan berkembangnya ilmu gizi, sehingga. timbul "Klinik Anak Sehat". Perhatian berkembang menjadi lebih luas dan meliputi juga masalah infeksi atau gangguan yang berkaitan dengan kekurangan kalori, protein, vitamin, dan mineral.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG. 247-10 Kas p
Uncontrolled Keywords: PENYAKIT INFEKSI, ILMU KESEHATAN ANAK
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOCHAMAD FARIED KASPAN, Prof.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Mar 2018 17:39
Last Modified: 13 Mar 2018 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item