INTERAKSI MANUSIA DENGAN ROBOT DALAM KOMIK H2O: REBORN

Cheerera Anggi Mayanda, 071411531005 (2017) INTERAKSI MANUSIA DENGAN ROBOT DALAM KOMIK H2O: REBORN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.31 18 May i.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.31 18 May i.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.31 18 May i.pdf

Download (452kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini fokus membahas interaksi manusia dengan robot dalam penggambaran komik H2O: Reborn sebagai rumusan permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini. Komik merupakan salah satu media dan produk dari popular culture. Komik sebagai sebuah media mampu menyampaikan ideologi dan representasi dari kehidupan sehari-hari. Komik H2O: Reborn sebagai produk popular cyberculture menawarkan imajinasi kehidupan futuristik melalui interaksi manusia dengan robot dan memuat lokalitas sebagai keunikannya. Metode penelitian ini menggunakan metodologi visual dengan analisis semiotika Roland Barthes. Dengan menggunakan pendekatan analisis Barthes, interpretasi dapat dilakukan pada level denotasi dan konotasi untuk membongkar mitos pada objek visual yang diteliti. Terdapat beberapa tinjauan pustaka pada penelitian ini, yaitu komik sebagai medium diseminasi budaya, komik sebagai popular culture, popular cyberculture, dan semiotika. Berdasarkan dari analisis terhadap chapter yang ada di dalam komik H2O: reborn, terdapat beberapa hal sebagai representasi dari kehidupan sehari-hari seperti pseudo-privacy, anthropomorphism, dan consciousness. Pseudo-privacy membahas bagaimana kondisi masyarakat yang masih menganggap privasi sebagai hal yang mutlak ada, padahal pada kenyataannya privasi yang mereka miliki adalah bentuk yang semu. Hal ini disebabkan pada asumsi bahwa privasi merupakan harga untuk kemewahan yang diberikan teknologi. Selanjutnya, pada anthropomorphism terlihat bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk melihat diri mereka pada objek lain, seperti robot. Hal ini kemudian membuat manusia merasa lebih nyaman ketika berhadapan dengan teknologi. Sedangkan consciousness menegaskan kembali sekat antara manusia dengan robot serta ketakutan dan keinginan yang timbul dalam diri manusia maupun robot. Selain itu, sub bab ini juga membahas interaksi manusia dengan robot dalam literatur sci-fi yang mampu membuat manusia dapat merefleksikan diri mereka untuk bisa menjadi lebih manusia melalui representasi dari penggunaan simbol dalam komik H2O: Reborn. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa bentuk interaksi manusia dengan robot dalam komik H2O: Reborn adalah interaksi dominatif dan tidak menutup kemungkinan adanya interaksi kooperatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.31/18 May i
Uncontrolled Keywords: komik, interaksi, humanoid, popular cyberculture, popular culture
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Cheerera Anggi Mayanda, 071411531005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Mar 2018 18:23
Last Modified: 13 Mar 2018 18:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70672
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item