MASKULINITAS DAN FEMININITAS PADA TIPOGRAFI KEMASAN PARFUM UNTUK PRIA DAN WANITA

ADIEN GUNARTA, 071311533066 (2017) MASKULINITAS DAN FEMININITAS PADA TIPOGRAFI KEMASAN PARFUM UNTUK PRIA DAN WANITA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.34 18 Gun m.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.34 18 Gun m.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.34 18 Gun m.pdf

Download (472kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai konstruksi simbolis maskulinitas dan femininitas yang digambarkan melalui tipografi kemasan parfum untuk pria dan wanita. Objek penelitian ini adalah tipografi pada bagian depan kemasan parfum. Penelitian ini mencoba mengkaji makna potensial tipografi yang belum banyak dikaji oleh ilmuwan komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika oleh Theo van Leeuwen yang secara khusus digunakan untuk tipografi. Dari survei berjudul Font Purchasing Habits Survey 2017 menyatakan bahwa lebih dari 70% responden percaya bahwa model huruf memiliki gender. Peneliti menjadi tertarik untuk menelusuri bagaimana tipografi dapat dimaknai sedemikian rupa. Peneliti melihat kenyataan bahwasanya parfum adalah salah satu produk budaya yang potensial untuk ditelaah identitas gendernya. Parfum dijual secara spesifik kepada pria dan wanita, yakni sebesar 98% dari keseluruhan produk parfum yang ada di dunia. Dengan demikian dapat diasumsikan bahwa kemasan parfum dirancang secara khusus pula untuk menarik minat pembeli spesifik pria dan wanita. Tipografi sebagai salah satu unsur pokoknya juga akan dirancang secara khusus. Oleh karena itu, peneliti menjadi terdorong untuk mengkaji identitas gender pada tipografi kemasan parfum dan memaparkan narasi apa yang bekerja di baliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.34/18 Gun m
Uncontrolled Keywords: maskulinitas, femininitas, identitas, tipografi, semiotika
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1088-1090.7 Men
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.5-799.9 Young men and women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ADIEN GUNARTA, 071311533066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTitik Puji Rahayu, S.Sos., M.Comms., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Mar 2018 18:49
Last Modified: 13 Mar 2018 18:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70678
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item