WACANA RELASI KELAS DALAM LIRIK LAGU (Analisis Wacana Lirik Lagu "Ilmu Politik", "Lara Di Mana Mana", dan "Ada Ada Saja" dari Band Efek Rumah Kaca)

AGIL SETIAWAN, 071311533051 (2017) WACANA RELASI KELAS DALAM LIRIK LAGU (Analisis Wacana Lirik Lagu "Ilmu Politik", "Lara Di Mana Mana", dan "Ada Ada Saja" dari Band Efek Rumah Kaca). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.39 18 Set w.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.39 18 Set w.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.39 18 Set w.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis wacana relasi kelas pada lirik lagu "Ilmu Politik", "Lara Di Mana Mana", dan "Ada Ada Saja" dari band Efek Rumah Kaca. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi lebih dalam bagaimana relasi antar kelas sosial diwacanakan ke dalam teks lirik lagu. Penelitian ini menjadi menarik karena ketiga objek lagu itu merupakan satu kesatuan track yang memiliki jalan cerita. Dalam lirik-liriknya terdapat hubungan antar teks yang membahas kritik sosial dan politik melalui kacamata kelas sosial tertentu. Ketiga lirik lagu dipilih sebagai objek penelitian dikarenakan memiliki tema yang sama yaitu politik. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana sosial, yang menganalisis wacana dengan memakai satu/lebih metode analisis wacana (sintaksis ataupun paradigmatis), menggunakan perspektif teori tertentu, dan menerapkan paradigma penelitian tertentu. Analisis penelitian ini hanya sampai pada level naskah. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa dalam ketiga lagu ini terdapat wacana terkait relasi antar kelas sosial. Melalui ketiga lagu yang bertema politik, Efek Rumah Kaca merespon peristiwa politik dengan sudut pandang kontra terhadap kelas penguasa. Efek Rumah Kaca menunjukkan pertentangan hubungan antara kelas penguasa dan yang dikuasai melalui lirik lagu. Peneliti menemukan bahwa relasi kelas yang ada di dalam lirik lagu menunjukkan adanya praktik hegemoni. Kelas yang berkuasa menjalankan fungsi hegemoni sekaligus dominasi secara bersamaan dalam menjaga kelangsungan kekuasaan atau dominasinya atas yang kelas yang dikuasai (terdapat pada lirik lagu "Lara Di Mana Mana"). Di sisi lain, praktik hegemoni dijalankan oleh kelompok yang dikuasai untuk melakukan perlawanan terhadap otoritas kekuasaan dengan menjalankan praktik counter-hegemony terhadap kekuasaan, sekaligus menjadi kekuataan hegemonik di tingkat kelompok-kelompok yang dikuasai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.39/18 Set w
Uncontrolled Keywords: analisis wacana, lirik lagu, relasi kelas, kelas penguasa, hegemoni
Subjects: M Music and Books on Music > M Music > M1627-1853 Folk, national and ethnic music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
AGIL SETIAWAN, 071311533051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRendy Pahrun Wadipalapa, S.I.Kom., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Mar 2018 19:30
Last Modified: 13 Mar 2018 19:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70685
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item