REPRESENTASI GAYA HIDUP MASYARAKAT URBAN DALAM IKLAN-IKLAN E-COMMERCE

MARETTA ANINDYAH PUTRI, 071311533049 (2018) REPRESENTASI GAYA HIDUP MASYARAKAT URBAN DALAM IKLAN-IKLAN E-COMMERCE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.44 18 Put r.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.44 18 Put r.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.44 18 Put r.pdf

Download (386kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gaya hidup masyarakat urban dalam iklan-iklan e-commerce. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena secara spesifik membahas tentang gaya hidup yang sering kali di representasikan tunggal. Representasi gaya hidup sejatinya tidak bisa dibuat tunggal karena realitasnya beragam dan kompleks. Mengingat masyarakat urban yang memiliki banyak subkultur sehingga gaya hidup mereka tentunya tidak pernah tunggal. Signifikansi dari penelitian ini untuk melihat bagaimana gaya hidup sebagai konsep yang masih cair dipraktikkan oleh masyarakat urban. Ada empat iklan yang di analisis milik e-commerce Tokopedia, Blibli.com dan Olx. Dalam menganalisis, peneliti menggunakan metode semiotika milik Roland Barthes. Dalam proesnya, peneliti akan menempuh beberapa tahap first oder signification (makna denotasi), second order signification (makna konotasi) hingga memunculkan mitos. Peneliti menggunakan definisi gaya hidup yang merupakan kombinasi dan totalitas cara, tata, kebiasaan, pilihan, serta objek-objek yang mendukungnya, dalam pelaksanaannya dilandasi oleh sistem nilai atau sistem kepercayaan tertentu. Sebagai hasilnya, melalui keempat iklan dari ketiga e-commerce memunculkan mitos yang kemudian ditemui pada gaya hidup masyarakat urban. Bahwa gaya hidup masyarakat urban dalam iklan ini hadir dalam ragam rupa dan merujuk pada orangorang yang tinggal di daerah perkotaan dan menganut budaya perkotaan atau yang sering disebut dengan urbanisme. Dimana representasi gaya hidup masyarakat urban tercerminkan melalui fashion, pekerjaan dan leisure time.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.44/18 Put r
Uncontrolled Keywords: gaya hidup, masyarakat urban, e-commerce, iklan, representasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
MARETTA ANINDYAH PUTRI, 071311533049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKandi Aryani Suwito, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Mar 2018 20:20
Last Modified: 13 Mar 2018 20:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item