PENGARUH KOMBINASI PEMBERIAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERPADU (CDT) TERHADAP PERILAKU IBU DALAM PERTOLONGAN PERTAMA PADA GIGITAN ANJING RABIES

ANTONIA ANDASARI, 131611123078 (2018) PENGARUH KOMBINASI PEMBERIAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERPADU (CDT) TERHADAP PERILAKU IBU DALAM PERTOLONGAN PERTAMA PADA GIGITAN ANJING RABIES. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rabies masih menjadi masalah kesehatan dunia karena hampir selalu menyebabkan kematian setelah timbul gejala klinis. Jika pertolongan pertama pada gigitan anjing Rabies diberikan dengan tepat dan cepat, maka kematian akibat Rabies dapat dicegah. Di Indonesia, pertolongan pertama lebih sering dilakukan oleh tenaga kesehatan. Ceramah dapat meningkatkan pengetahuan dan diskusi terpadu memberikan suatu gambaran nyata sehingga dapat merubah perilaku seseorang. Metode: Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kombinasi pemberian metode ceramah dan diskusi terpadu (CDT) terhadap perilaku Ibu dalam pertolongan pertama pada gigitan anjing Rabies. Desain penelitian ini menggunakan quasy-experimental. Populasi penelitian ini adalah semua ibu di Desa Merti Jaya di Wilayah Kerja Puskesmas Jelimpau. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Besar sampel sebanyak 72 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan dibagi menjadi dua kelompok, 36 responden kelompok perlakuan dan 36 responden kelompok kontrol. Kombinasi pemberian metode ceramah dan diskusi terpadu (CDT) sebagai variabel independen dan perilaku ibu (pengetahuan dan sikap) sebagai variabel dependen. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas, kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test dan Mann-Whitney. Hasil: hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian metode CDT terhadap pengetahuan ibu (kelompok perlakuan p=0,023, kelompok kontrol p=0,002) namun tidak ada pengaruh pemberian metode CDT terhadap sikap ibu (kelompok perlakuan p=1,000, kelompok kontrol p=1,000). Diskusi: untuk mengurangi jumlah korban meninggal pada kasus gigitan anjing rabies dibutuhkan pengetahuan dan sikap tentang ketepatan dan kecepatan dalam pertolongan pertama. Hal ini dapat dicapai salah satunya dengan metode ceramah dan diskusi terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 64/18 And p
Uncontrolled Keywords: ceramah dan diskusi, perilaku ibu, pertolongan pertama, gigitan anjing, rabies
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsEmail
ANTONIA ANDASARI, 131611123078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTiyas Kusumaningrum, S.Kep.,Ns.,M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2018 22:04
Last Modified: 12 Dec 2018 14:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item