PROSES PEMBENTUKAN SELEBRITI PADA JEJARING SOSIAL ASK.FM

AMALIA ZAHRINA, 071311533077 (2017) PROSES PEMBENTUKAN SELEBRITI PADA JEJARING SOSIAL ASK.FM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.55 18 Zah p.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.55 18 Zah p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.55 18 Zah p.pdf

Download (374kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses pembentukan selebriti yang dilakukan oleh para pengguna jejaring sosial Ask.fm, yang disebut juga sebagai selebask. Penelitian ini menggunakan metode etnografi virtual dengan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian eksploratif untuk dapat menjelaskan bentuk konstruksi identitas selebriti yang muncul dari konten dan interaksi selebask dengan para followersnya di Ask.fm. Tidak seperti jejaring sosial lain, jumlah followers dari sebuah akun di Ask.fm juga tidak dapat diketahui oleh orang lain kecuali pemilik akun tersebut. Dengan demikian, menarik untuk melihat bagaimana konstruksi identitas serta praktik selebriti dilakukan dalam sebuah jejaring sosial di mana jumlah followers sebagai indikator popularitas yang paling umum digunakan tidak dapat diketahui. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran yang utuh terhadap penelitian mengenai selebriti, terutama dalam konteks internet dan jejaring sosial. Penelitian ini akan mengulas bagaimana selebriti diproduksi dalam jejaring sosial Ask.fm melalui konten pertanyaan dan jawaban yang muncul dalam interaksi antar penggunanya, yang kemudian dijelaskan dengan teori dan dikaitkan dengan fenomena-fenomena yang terjadi pada realitas sosial di mana interaksi tersebut bertempat. Akan dijelaskan pula temuan mengenai komunitas dan celebrity culture dalam Ask.fm di mana praktik selebriti tersebut terjadi serta anonimitas dalam Ask.fm. Hasil penelitian menunjukkan beberapa aspek penting dari pembentukan selebriti dalam jejaring sosial Ask.fm. Identitas selebriti salah satunya dikonstruksi melalui penggunaan bahasa yang nampak dalam konten pertanyaan dan jawaban pada interaksi antara selebask dengan para followersnya. Selain itu, humor, wawasan, menunjukkan keahlian dalam hal-hal tertentu serta menempatkan diri sebagai sebagai role model atau panutan juga merupakan bagian dari konstruksi identitas yang ditemui. Seluruh praktik ini bertempat dalam komunitas Ask.fm yang memiliki karakteristik budaya berupa adanya kekuasaan dan otoritas selebask serta tuntutan akan kecepatan dan kekinian. Berbeda dengan selebriti pada umumnya, mereka menempatkan diri sebagai sosok yang ―dekat‖ dengan audiensnya, yang salah satunya dilakukan melalui pengungkapan diri dan penunjukkan kedekatan emosional dengan followersnya. Temuan lain juga menunjukkan adanya kategorisasi followers berdasarkan motif dan keterlibatan followers tersebut dengan selebask, yaitu casual followers, fascinated followers, dan devoted followers.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.55/18 Zah p
Uncontrolled Keywords: selebriti, Ask.fm, identitas, celebrity culture, jejaring sosial.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
AMALIA ZAHRINA, 071311533077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKandi Aryani, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Mar 2018 02:41
Last Modified: 14 Mar 2018 02:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70728
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item