KAJIAN SEMIOTIKA DALAM BAHASA SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN

Yanuar Citra Suci, 071311633061 (2017) KAJIAN SEMIOTIKA DALAM BAHASA SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.10 18 Suc k.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.10 18 Suc k.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.10 18 Suc k.pdf

Download (84kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada perpustakaan terdapat tanda, termasuk dalam proses temu kembali informasi. Tanda dibuat oleh perpustakaan untuk berkomunikasi dengan pengguna dan akan dimaknai oleh pengguna. Pengguna akan menafsirkan tanda berbeda-beda berdasarkan pengetahuan, pengalaman dan konteks sosial, politik dan budaya. Terjadi kesenjangan antara pengguna dan perpustakaan dalam menggunakan bahasa pada sistem temu kembali informasi. Perpustakaan menggunakan pedoman dalam menentukan sistem tanda yang tidak mengalami pembaharuan dan pengguna memiliki makna tersendiri mengenai tanda di perpustakaan. Pada penelitian ini akan melihat makna tanda yang dihasilkan oleh pengguna perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis semiotika. Teori semiotika yang digunakan dari Ferdinand de Saussure mengenai tanda yaitu parole dan langue. Temuan dari penelitian ini adalah parole dari pengguna berbeda dengan langue yang telah ditentukan oleh perpustakaan. Perpustakaan menentukan sistem tanda (langue) dengan menggunakan pedoman yang telah disepakati oleh seluruh perpustakaan dunia namun pengguna memiliki makna tanda (parole) tersendiri dan berbeda dari perpustakaan. Makna tanda yang dihasilkan oleh pengguna ini berdasarkan dari pengetahuan, pengalaman, konteks yang dimiliki dan psikologis dari pengguna. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat penggolongan pengguna sesuai dengan makna tanda (parole) yang dihasilkan. Penggolongan pengguna yaitu detail-oriented user, intuitive user dan apathetic user. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah meneliti tanda yang ada di perpustakaan dengan teori lain dan meneliti tanda di perpustakaan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.10/18 Suc k
Uncontrolled Keywords: Langue-Parole, Semiotika, dan Temu Kembali Informasi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325-325.5 Semantics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Yanuar Citra Suci, 071311633061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Mar 2018 02:51
Last Modified: 14 Mar 2018 02:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70729
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item