RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERANKINGAN EVALUASI VENDOR PT. INNOVATIVE PLASTIC PACKAGING (INNOPACK) PASURUAN MENGGUNAKAN METODE VIKOR

Rikisar Dwi Puranugrah, 081311633015 (2018) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERANKINGAN EVALUASI VENDOR PT. INNOVATIVE PLASTIC PACKAGING (INNOPACK) PASURUAN MENGGUNAKAN METODE VIKOR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.SI.08-18 Par r ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.SI.08-18 Par r SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Evaluasi vendor merupakan sesuatu hal yang dibutuhkan tiap perusahaan untuk mengetahui kinerja dari tiap vendor. Setiap perusahaaan mempunyai tiap kriteria masing-masing sebagai bahan evaluasi vendor. Di PT.INNOVATIVE PLASTIC PACKAGING(INNOPACK) evaluasi vendor digunakan untuk mengetahui kinerja vendor tersebut apakah masih layak dipakai atau tidak. Saat ini prosedur penilaian masih belum ada pembobotan yang jelas. hal ini dapat menyebabkan timpangnya penilaian pada hasil evaluasi vendor. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mengajukan solusi untuk membangun sistem pendukung keputusan evaluasi vendor menggunakan metode VIKOR. Penelitian ini dilaksanakan melalui 5 tahap dengan mengikuti waterfall model. Sistem pendukung keputusan evaluasi vendor dengan metode VIKOR dimengikuti 6 tahap, yang pertama adalah tahap normalisasi. Kedua menentukan bilangan positif dan negatif sebagai solusi ideal. Ketiga yaitu menghitung utility measures. Keempat yaitu Menghitung indeks VIKOR. Kelima yaitu meranking alternatif. Terdapat 3 macam perankingan, yaitu S, R, dan Q yang diurutkan mulai dari nilai terkecil. Keenam yaitu mengusulkan solusi kompromi alternatif. Penelitian ini menggunakan metode VIKOR sebagai metode perangkingan untuk penentuan evaluasi vendor. Metode VIKOR berfokus dalam perangkingan dengan mengkompromi dari hasil alternatif yang ada. Sistem akan menghasilkan output berupa perankingan evaluasi vendor. Sistem akan digunakan sebagai rekomendasi bagi pihak manajemen untuk membantu penilaian evaluasi vendor. Hasil evaluasi menunjukkan sistem dinilai sebesar 3.23 dari 4 yang berarti sistem dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.08/18 Par r
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Rikisar Dwi Puranugrah, 081311633015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKartono, Drs., M.Kom.UNSPECIFIED
Thesis advisorFaried Effendy, NIDN0006068202UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Mar 2018 20:40
Last Modified: 14 Mar 2018 20:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70823
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item