PENGARUH PENAMBAHAN KITOSAN - HYALURONIC ACID (HA) PADA PEMBENTUKAN HYDROGEL UNTUK APLIKASI TULANG RAWAN

AINIA RAHMA AISYAH, 08 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN KITOSAN - HYALURONIC ACID (HA) PADA PEMBENTUKAN HYDROGEL UNTUK APLIKASI TULANG RAWAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.T.02-18 Ais p ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.T.02-18 Ais p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit osteoarthitis salah satu masalah kesehatan yang sering dijumpai di masyarakat yang dapat mengenai siapa saja. Pada tahun 2004 kurang lebih terdapat 151.400.000 jiwa di seluruh dunia menderita osteoarthritis. Selain itu, osteoarthritis merupakan penyakit nomor lima yang menyebabkan Years of Life Disability pada wanita dan negara maju. Injectable hydrogel adalah cara terbaru untuk memperbaiki dan meregenerasi kerusakan pada tulang rawan untuk meminimalisir tindakan operasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi optimum kitosan dan asam hyaluronan (HA) terbaik dari variasi injectable hydrogel. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui hasil pengaruh kitosan dan asam hyaluronan (HA) melalui uji swelling, degradasi, SEM,sitotoksisitas FTIR dan waktu gelasi untuk aplikasi kerusakan tulang rawan. rasio swelling berdasarkan hasil diperoleh tingkat prosentase swelling ada kecendrungan semakin meningkat. Hidrogel kitosan-HA terbaik yaitu dengan perbandingan 2:8. Hal ini ditunjukan dengan laju degradasi sebesar 84,7% pada hari ke-14. Hasil uji sitotoksisitas menunjukan hasil tidak toksik dengan prosentase 50%. Hasil uji FTIR menunjukkan adanya pita serapan khas dari asam hialuronat yaitu gugus C=O streching pada bilangan gelombang 1625.99cm-1 dan memiliki puncak khas yaitu gugus hemiasetal. Kitosan dan asam Hyaluronan (HA) dalam bentuk kompositnya telah menunjukan hasil yang sesuai dengan aplikasi tulang rawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.02/18 Ais p
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AINIA RAHMA AISYAH, 08UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorJan Ady, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorSiswanto, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Mar 2018 22:21
Last Modified: 14 Mar 2018 22:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item