EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KOMUNIKASI PADA PENYELENGGARAAN FESTIVAL DAMAR KURUNG GRESIK TAHUN 2017

RANY AN NISAA SYABRINA, 071514853004 (2018) EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KOMUNIKASI PADA PENYELENGGARAAN FESTIVAL DAMAR KURUNG GRESIK TAHUN 2017. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TSK.06 18 Sya e.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TSK.06 18 Sya e.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_TSK.06 18 Sya e.pdf

Download (217kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Festival Damar Kurung merupakan kegiatan tahunan yang pertama kali diselenggakan oleh komunitas ASSIK dari tahun 2012 yang kemudian dilanjutkan oleh komunitas Gresikku Seru!. Tujuan penyelenggaraan Festival Damar Kurung Gresik adalah untuk memperkenalkan dan melestarikan Kesenian Damar Kurung Gresik yang mulai hilang dan terlupakan. Selama enam tahun penyelenggaraan festival ini mengalami naik turunnya antusiasme pengunjung. Hal ini tidak terlepas dari praktik komunikasi yang dilakukan oleh komunitas dalam mengkomunikasikan event festival Damar Kurung tersebut. Penelitian audit komunikasi ini dilakukan untuk penyelenggaraan Festival Damar Kurung tahun 2017 untuk menilai efektivitas dan efisiensi komunikasinya. Efektivitas komunikasi diukur dengan enam kriteria Andre Hardjana (2000:30-40), yakni penerima komunikasi (receiver), isi pesan (content), ketepatan waktu (timing), saluran (media), format kemasan (format) dan sumber (source). Sedangkan efisiensi diukur dengan empat dimensi, yakni biaya finansial (cost), waktu (time), ketepatan pesan (accuracy), dan kemudahan pemahaman pesan (intelligibility). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei untuk data primer dan wawancara untuk data pendukung. Teknik survei kuisioner menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 (seratus) sampel pada pengunjung Festival Damar Kurung Gresik tahun 2017. Skala pengukuran yang digunakan adalah ordinal dengan teknik Skala Likert dan jenis penelitian deskriptif evaluatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika kegiatan komunikasi Festival Damar Kurung 2017 telah berjalan efektif pada lima dimensi, yaitu penerima komunikasi (receiver), ketepatan waktu (timing), saluran (media), format kemasan (format) dan sumber (source). Namun tidak efektif pada satu dimensi, yaitu isi pesan (content). Sedangkan efisiensi kegiatan belum tercapai, saran yang mendukung efisiensi komunikasi festival Damar Kurung dilakukan dengan perbaikan dari sisi budgeting, menentukan waktu yang tepat untuk distribusi informasi, menciptakan akurasi dalam pengkomunikasian festival Damar Kurung hingga memperjelas isi pesan. Sedangkan temuan dalam penelitian ini bahwa komunitas penyelenggara belum secara khusus dan serius memperhatikan aspek komunikasi, akibatnya goal event tidak tercapai dan turunnya jumlah pengunjung.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.06/18 Sya e
Uncontrolled Keywords: Audit Komunikasi, Efektivitas, Efisiensi, Komunikasi, Event, Festival Damar Kurung
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RANY AN NISAA SYABRINA, 071514853004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMustain, Prof., Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSanti Isnaini, Dr., S.Sos., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2018 17:22
Last Modified: 15 Mar 2018 17:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70857
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item