UPAYA PENINGKATAN PEMBELIAN OBAT PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ADI HUSADA KAPASARI MELALUI PENDEKATAN PERILAKU KONSUMEN

HERMANTO WIJAYA, 101414453018 (2018) UPAYA PENINGKATAN PEMBELIAN OBAT PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ADI HUSADA KAPASARI MELALUI PENDEKATAN PERILAKU KONSUMEN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (1MB)

Abstract

Instalasi farmasi rumah sakit merupakan salah satu revenue tertinggi (60% sumber pendapatan) rumah sakit. Berdasarkan data tahun 2014-2016 jumlah pasien yang membeli obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Adi Husada Kapasari masih dibawah target standar capaian penjualan 90%. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi untuk meningkatkan capaian penjualan resep obat pasien rawat jalan. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan melakukan survei dengan desain studi cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan Rumah Sakit Adi Husada Kapasari yang datang pada bulan Januari 2017 dengan besar sampel 100 orang menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini meliputi karateristik pasien, faktor psikologis, pribadi, sosial, budaya, pencarian informasi, evaluasi alternatif, product knowledge, cross selling dan keputusan pembelian. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pasien rawat jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 23% pasien rawat jalan memilih untuk tidak membeli obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Adi Husada Kapasari sehingga kurang dari target standar capaian penjualan. Sebagian besar (51%) Dokter tidak menginformasikan dan menyarankan pasien rawat jalan untuk membeli obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Adi Husada Kapasari. Persepsi pasien rawat jalan terhadap keramahan pelayanan petugas Instalasi Farmasi tergolong baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sebagian besar responden memiliki product knowledge yang cukup baik namun masih ada beberapa aspek yang tidak diketahui oleh responden maka disarankan perlu adanya optimalisasi kegiatan pemasaran, pembuatan sistem resep online serta kebijakan rumah sakit yang mendorong dokter untuk memberikan informasi keberadaan instalasi farmasi dan menyarankan pasien untuk membeli obat di Instalasi Farmasi RS Adi Husada Kapasari.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 03/18 Wij u
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumen, cross selling, keputusan pembelian
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
HERMANTO WIJAYA, 101414453018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorS. Supriyanto, Prof. Dr. , dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 17:46
Last Modified: 15 Mar 2018 17:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70866
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item