KEWENANGAN WALI MENJAMINKAN HAK ATAS TANAH ANAK WALI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

IRSANTI KARUNIA OKAWATI, 031424253074 (2017) KEWENANGAN WALI MENJAMINKAN HAK ATAS TANAH ANAK WALI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
TMK. 60-18 Oka k.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (631kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
TMK. 60-18 Oka k Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah kewenangan seorang wali dalam menjaminkan harta anak wali yang belum dewasa berupa hak atas tanah, karena anak tersebut belum cakap melakukan perbuatan hukum maka harus mendapatkan perlindungan hukum apabila wali melakukan wanprestasi atas jaminan hak atas tanah tersebut. Masalah hukum yang dibahas adalah apa dasar kewenangan wali dari anak yang belum dewasa dalam menjaminkan hak atas tanah milik anak tersebut dan apa perlindungan hukum bagi pemilik jaminan yang belum dewasa yang hak atas tanahnya di eksekusi oleh bank akibat wali selaku debitur mengalami wanprestasi menurut perspektif hukum Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seorang wali selaku debitur berhak menjaminkan hak atas tanah milik anak yang belum dewasa untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan anak wali. Untuk dapat melakukan perbuatan hukum dalam hal menjaminkan hak atas tanah milik anak yang belum dewasa, wali harus memperoleh penetapan dari Pengadilan Agama terlebih dahulu. Sehingga penelitian ini menyarankan agar segera dibuat aturan mengenai pengawasan terhadap harta anak wali yang telah dijaminkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK. 60-18 Oka k
Uncontrolled Keywords: Perwalian, Jaminan Hak Tanggungan, Perlindungan Hukum
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB622-628.5 Guardianship. Guardian and ward
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IRSANTI KARUNIA OKAWATI, 031424253074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAbd. Shomad, Prof. Dr. Drs., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Mar 2018 18:08
Last Modified: 15 Mar 2018 18:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70869
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item