ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN TES HIV PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDOTOPO DAN WONOKUSUMO KOTA SURABAYA

FENI THE, 101514453009 (2018) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN TES HIV PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIDOTOPO DAN WONOKUSUMO KOTA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (2MB)

Abstract

Infeksi Human Immunedeficiency Virus (HIV) di Indonesia sudah menjadi masalah kesehatan yang memerlukan perhatian, karena prevalensi dari tahun ketahun menunjukkan peningkatan yang cukup berarti. Pemeriksaaan HIV pada ibu hamil merupakan peluang yang baik untuk mencegah penularan HIV dari ibu ke bayi. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun rekomendasi sebagai masukan untuk meningkatkan capaian program berdasarkan hasil analisis faktor yang mempengaruhi tindakan tes HIV pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Sidotopo dan Wonokusumo Kota Surabaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan observasionel dengan rancang bangun cross sectional study pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Sidotopo dan Wonokusumo Kota Surabaya. besar sampel yaitu 133 ibu hamil yang terbagi dalam 30 RW pada wilayah kerja Puskesmas Sidotopo dan Wonokusumo Kota Surabaya. Pada penelitian ini, ada beberapa variabel yang diteliti yang terbagi dalam beberapa faktor yaitu faktor Puskesmas, faktor lingkungan, faktor keluarga, faktor pelayanan, dan faktor ibu hamil. Hasil uji statistik dengan menggunakan analisis regresi linear, didapatkan pengaruh faktor keluarga (dukungan keluarga) terhadap faktor ibu hamil (pengetahuan (sig 0,001), sikap (sig 0,000), persepsi (sig 0,000), dan motivasi (0,000)), pengaruh stigma HIV dimasyarakat terhadap pengetahuan (0,005), sikap (0,009), dan motivasi (0,002).Pengaruh variabel penawaran tes HIV terhadap pengetahuan (0,016).Pengaruh promosi tes HIV terhadap sikap (0,001), persepsi (0,000) dan motivasi (sig 0,000).Hasil uji dengan menggunakan binary logistik didapatkan hasil yaitu pengaruh promosi tes HIV terhadap cakupan tes HIV pada ibu hamil (sig 0,000). Selain dari variabel tersebut, memiliki nilai signifikansi > 0,05. Kesimpulan dari penelitian in adalah ada pengaruh yang signifikan faktor keluarga (dukungan keluarga) terhadap faktor ibu hamil (pengetahuan, sikap, persepsi dan motivasi. Ada pengaruh yang signifikan antara stigma HIV dimasyarakat terhadap pengetahuan, sikap dan motivasi ibu hamil.Ada pengaruh yang signifikan penawaran tes HIV terhadap pengetahuan ibu hamil.Ada pengaruh yang signifikan antara promosi tes HIV dengan faktor ibu hamil (sikap, persepsi dan motivasi).Ada pengaruh yang signifikan antara promosi tes HIV terhadap tindakan tes HIV pada ibu hamil.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 06/18 The a
Uncontrolled Keywords: virus HIV
Subjects: R Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FENI THE, 101514453009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorS.Supriyanto, Prof.,Dr.,dr.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 18:16
Last Modified: 15 Mar 2018 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item