UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN KARYAWAN MELALUI PENDEKATAN EKSPLORATIF DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN JOB SATISFACTION SCALE(Studi di Rumah Sakit Haji Surabaya)

RAHMAT ADI PRAYITNO P.W., 101514453050 (2018) UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN KARYAWAN MELALUI PENDEKATAN EKSPLORATIF DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN JOB SATISFACTION SCALE(Studi di Rumah Sakit Haji Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu indikator yang mempengaruhi kinerja dalam pelayanan pasien adalah kepuasan karyawan. Semakin tinggi kepuasan karyawan di Rumah Sakit Haji Surabaya secara langsung berdampak terhadap indeks kepuasan pasien yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Haji Surabaya. Masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya persentase kepuasan karyawan RS Haji Surabaya rerata sebesar 8,64% pada tahun 2012,2013 dan 2014. Tujuan penelitian ini adalah membuat rekomendasi dalam rangka peningkatan kepuasan karyawan RS Haji Surabaya melalui pendekatan eksploratif dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Job Satisfaction Scale (JSS). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling, karena populasinya mempunyai susunan bertingkat. Jumlah responden sebanyak 290 orang ini akan dibagi rata pada 35 unit kerja di RS Haji Surabaya. Penelitian pada tahap awal melakukan identifikasi faktor pemicu kepuasan kerja karyawaan dengan pendekatan eksploratif dengan pertanyaan terbuka. Kemudian melakukan penggolongan pada faktor pemicu kepuasan yang sejenis dan mengambil 20% faktor penyebab kepuasan karyawan dengan teori pareto. Tahap selanjutnya melakukan identifiksi tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan terhadap beberapa faktor pemicu kepuasan kerja karyawan dan menganalisis keseimbangan tingkat kepentingan dan kepuasan karyawan dengan menggunakan Importance- Performance Analysis. Faktor pemicu kepuasan dari analisis Importance- Performance Analysis yang berada dikuadran satu menjadi isu strategi dan perlu dibenahi karena memiliki tingkat kepentingan yang tinggi namun tingkat kepuasan sangat rendah. Empat faktor tersebut antara lain sarana prasarana, pengembangan potensi, reward dan Sistem Informasi Manajemen (SIM). Rekomendasi untuk meningkatkan kepuasan karyawan adalah pengkajian sistem reward umroh ke reward yang lain dan kaji ulang dasar pemberian remunerasi yang tidak hanya berdasarkan basic index tetapi performance index untuk aspek reward, penyusunan ulang struktur organisasi dan tata kelola Unit SIM RS, pemerataan training dan workshop untuk aspek pengembangan potensi dan. pemeliharaan sarana dan prasarana untuk mencegah kerusakan untuk aspek sarana dan prasarana. Kesimpulannya dengan menggunakan metode Importance- Performance Analysis kita dapat mengidentifikasi faktor apa saja yang dianggap penting oleh karyawan tetapi tingkat kepuasannya masih kurang yang dapat mempengaruhi tingkat kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 08/18 Pra u
Uncontrolled Keywords: Faktor pemicu kepuasan, Job Satisfaction Scale (JSS), Importance Performance Analysis (IPA)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
RAHMAT ADI PRAYITNO P.W., 101514453050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjazuly Chalidyanto, Dr. , S.KM., M.ARS.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 18:24
Last Modified: 15 Mar 2018 18:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70876
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item