STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM RANGKA PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN RAWAT JALAN PADA POLI INTERNA DI RSU HATI MULIA KENDARI

SAFITRI PRATIWI NAJAMUDDIN, 101514453039 (2018) STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM RANGKA PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN RAWAT JALAN PADA POLI INTERNA DI RSU HATI MULIA KENDARI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (1MB)

Abstract

Perubahan dari rumah sakit bersalin menjadi rumah sakit umum tipe D, RSU Hati Mulia menambah jenis pelayanan rawat, akan tetapi Poli Interna sebagai unit pelayanan yang baru, masih memiliki jumlah kunjungan terkecil selama dua tahun sejak perubahan status rumah sakit. Salah satu faktornya yaitu karena RSU Hati Mulia masih terdengar asing di telinga masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah merekomendasikan strategi IMC (Integrated Marketing Communication) melalui elemen dalam IMC berdasarkan targeting untuk peningkatan pemanfaatan rawat jalan poli interna RSU Hati Mulia Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan dengan cross sectional research dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk teknik menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa segmen RSU Hati Mulia Kendari pada geografis Kecamatan Baruga memiliki karakteristik dengan tingkat ekonomi menengah sebesar 56.4%, dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi 56.4% pekerjaan sebagai PNS dan wiraswasta 43.6% dan 42.6%. Namun tempat pencarian pengobatan diwilayah tersebut adalah klinik/puskesmas. Alasan memilih puskesmas sebagai pelayanan kesehatan karena akeses jarak yang lebih dekat dan proses pelayanan administrasi yang tidak susah. Adapun tingkat kesiapan pembelian responden pada RSU Hati Mulia maupun pada pelayanan poli interna berada pada tingkat awareness sebesar 95.1% yaitu responden masih pada tahap awal yaitu sadar akan keberadaan RSU Hati Mulia. Pesan komunikasi pemasaran yang dibutuhkan oleh responden yang berada pada tahap awareness adalah dengan adanya promosi, responden mengetahui jenis pelayanan, tarif pelayanan, dan kelengkapan alat pada pelayanan kesehatan sebagai pertimbangan memilih rumh sakit RSU Hati Mulia Kendari. Media komunikasi yang diharapkan responden dalah melalui media elektronik, media cetak, dan media sosial online. Penelitian ini merekomendasikan strategi IMC pada RSU Hati Mulia untuk meningkatkan jumlah kunjungan pelayanan rawat jalan terutama pada poli interna dengan tujuan untuk meningkatkan kesiapan pembelian dari tingkat knowledge dan liking hingga menghasilkan purchase intention dengan membuat arahan papan petunjuk rumah sakit, brosur, leaflet, paket pelayanan konsultasi dengan potongan harga dan media online seperti facebook, instagram, and whatsapp

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 12/18 Naj s
Uncontrolled Keywords: Integrated Marketing Communication, Poli Interna, Media Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
SAFITRI PRATIWI NAJAMUDDIN, 101514453039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS. Supriyanto, Prof. Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 18:43
Last Modified: 15 Mar 2018 18:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70884
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item