SINTESIS DAN KARAKTERISASI HYDROGEL POLYVINYL ALCOHOL (PVA)-KITOSAN DENGAN PENAMBAHAN GELATIN SEBAGAI KANDIDAT WOUND DRESSING

SITI NUR SOLIKHATUL MAHFIAH, 081311733018 (2018) SINTESIS DAN KARAKTERISASI HYDROGEL POLYVINYL ALCOHOL (PVA)-KITOSAN DENGAN PENAMBAHAN GELATIN SEBAGAI KANDIDAT WOUND DRESSING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.T.17-18 Mah s ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.T.17-18 Mah s SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembalut luka yang dibutuhkan saat ini masih belum memenuhi standar dari segi sifat mekanik seperti kuat tarik dan nilai swelling. Perbaikan sifat mekanik dibutuhkan untuk melindungi luka dari kerusakan fisik. Nilai kuat tarik dan nilai swelling yang belum memenuhi standar akan mengakibatkan pembalut luka mudah sobek, tidak terlindung dari paparan mikroorganisme dan menyulitkan pengkondisian kelembaban luka yang menunjang proses healing. Telah dilakukan penelitian sintesis dan karakterisasi hidrogel polyvinyl alcohol (PVA)-kitosan dengan penambahan gelatin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetetahui komposisi optimum PVA kitosan terbaik dari variasi hydrogel PVA kitosan dengan penambahan gelatin terhadap sifat mekanik yang baik sehingga dapat diaplikasikan sebagai wound dressing sesuai dengan standart. Proses sintesis hidrogel ini menggunakan metode freeze-thawing (beku-leleh), kemudian dilakukan proses iradiasi gamma. Penambahan gelatin berfungsi untuk memperbaiki sifat mekanik dari hidrogel. Komposisi PVA-kitosan yang digunakan sebesar 5:1 (v/v) dengan penambahan variasi konsentrasi gelatin sebesar 0%, 0,5%, 1%, 1,5%, 2% (w/v). Karakterisasi hidrogel yang dilakukan pada penelitian ini meliputi uji gugus fungsi, uji tarik dan uji swelling. Hasil uji gugus fungsi menunjukkan adanya ikatan yang terbentuk yaitu adanya ikatan hidrogen yang terbentuk dari gugus amida (-CONH) dan gugus hidroksil (OH). Hasil uji tarik hidrogel 5,2136-10,78327 MPa, dimana sampel E (Gelatin 2%) memiliki nilai kuat tarik tertinggi dan sudah memenuhi standart kuat tarik kulit manusia. Sedangkan hasil uji swelling sampel hidrogel memiliki kemampuan pembengkakan yang baik yaitu 167-398 %. Berdasarkan karakterisasi ini sampel E yang merupakan hidrogel PVAkitosan dengan penambahan gelatin sebesar 2 % memiliki potensi sebagai kandidat wound dressing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.17/18 Mah s
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsEmail
SITI NUR SOLIKHATUL MAHFIAH, 081311733018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjony Izak Rudyardjo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorJan Ady, S.Si, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 15 Mar 2018 18:56
Last Modified: 15 Mar 2018 18:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70885
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item