ANALISIS HUBUNGAN SIKAP KESELAMATAN PASIEN DAN TIPE KEPEMIMPINAN DENGAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN(Studi di Rumah Sakit Islam Surabaya Ahmad Yani)

DEWA NYOMAN SUTANAYA, 101514453012 (2018) ANALISIS HUBUNGAN SIKAP KESELAMATAN PASIEN DAN TIPE KEPEMIMPINAN DENGAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN(Studi di Rumah Sakit Islam Surabaya Ahmad Yani). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (1MB)

Abstract

Keselamatan pasien di rumah sakit menjadi sangat penting bagi rumah sakit dalam mengelola pelayanan kesehatan di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis hubungan sikap keselamatan pasien serta tipe kepemimpinan dengan angka insiden keselamatan pasien dirumah sakit. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan observasional, dengan rancang bangun penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian ini menggunakan uji korelasi hubungan dengan metode fisher exac untuk melihat adanya hubungan antara sikap keselamatan pasien, dan tipe kepemimpinan dengan insiden keselamatan pasien yang terjadi di Rumah Sakit Islam Surabaya Ahmad Yani. Apabila terdapat signifikansi dengan nilai p<0,05 maka dapat disimpulkan adanya hubungan antara variabel terikat dan variable bebas sehingga akan dimasukkan dalam isu strategis penelitian untuk selanjutnya dilakukan telaah peneliti dan menghasilkan rekomendasi bagi Rumah Sakit Islam Surabaya Ahmad Yani. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya hubungan antara sikap keselamatan pasien dan tipe kepemimpinan dengan angka insiden keselamatan pasien di Rumah Sakit Islam Surabaya Ahmad Yani. Rekomendasi yang diberikan bagi Rumah Sakit Islam Surabaya Ahmad Yani adalah melakukan upaya perubahan sikap individu terhadap keselamatan pasien agar tercipta situasi yang mendukung pemberian pelayanan kesehatan yang lebih aman dan melakukan perubahan tipe kepemimpinan dari tipe kepemimpinan transaksional menjadi tipe kepemimpinan transformasional melalui pelatihan baik internal maupun eksternal yang ditujukan kepada para pimpinan di Rumah Sakit Islam Surabaya Ahmad Yani.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 14/18 Sut a
Uncontrolled Keywords: Insiden Keselamatan Pasien, Faktor Sikap keselamatan pasien, Faktor Tipe Kepemimpinan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
DEWA NYOMAN SUTANAYA, 101514453012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, Dr. , S.KM., M.ARSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 19:05
Last Modified: 15 Mar 2018 19:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70891
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item