IDENTIFIKASI BLASTOCYSTIS DAN FAKTOR RISIKO BLASTOCYSTOSIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA DUKUH, KECAMATAN KUBU, KABUPATEN KARANGASEM,BALI

Ni Luh Putu Eka Diarthini, NIM011514153003 (2018) IDENTIFIKASI BLASTOCYSTIS DAN FAKTOR RISIKO BLASTOCYSTOSIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA DUKUH, KECAMATAN KUBU, KABUPATEN KARANGASEM,BALI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (2MB)

Abstract

Blastocystis spp. merupakan protozoa usus yang sering ditemukan di negara berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi infeksi Blastocystis, identifikasi morfologi dan faktor risiko terjadinya blastocystosis pada anak-anak sekolah dasar di desa Dukuh, Kabupaten Karangasem. Penelitian cross sectional dilakukan pada bulan September 2016 dan sebanyak 103 tinja anak dikumpulkan dengan informed consent. Parasit diperiksa secara mikroskopis dengan metode preparat basah menggunakan larutan Lugol. Tiga puluh lima anak sekolah terinfeksi Blastocystis (35/103, 34%), terdiri dari infeksi tunggal dan infeksi campuran dengan parasit usus lainnya. Bentuk vakuolar adalah bentuk yang dominan ditemukan dengan kepadatan kurang dari 5 per lapang pandang, hal ini sesuai bahwa sampel diambil dari anak tanpa gejala. Ukuran Blastocystis masih dalam batas normal namun cenderung lebih besar pada yang infeksi tunggal. Analisis regresi logistik didapatkan bahwa kebiasaan buang air besar tidak di WC yang memiliki hubungan signifikan terhadap terjadinya infeksi Blastocystis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tingginya prevalensi infeksi Blastocystis pada anak sekolah dasar di Desa Dukuh adalah 34%, dengan kepadatan kurang dari lima per lapang pandang, bentuk dominan vakuolar dan ukuran cenderung lebih besar pada infeksi tunggal daripada infeksi campuran. Kebiasaan buang air besar tidak di WC adalah faktor risiko yang memiliki hubungan signifikan terhadap terjadinya infeksi Blastocystis. Penelitian lebih lanjut mengenai subtipe Blastocystis perlu dilakukan sebagai indikator patogenisitas dan rute transmisi infeksi Blastocystis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKD 08/18 Dia a
Uncontrolled Keywords: Blastocystis spp, parasit usus, prevalensi, anak-anak, faktor risiko
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Ni Luh Putu Eka Diarthini, NIM011514153003NIM011514153003
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSukmawati Basuki, Dr., dr., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 23:45
Last Modified: 15 Mar 2018 23:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70920
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item