LITERASI MEDIA DI KALANGAN REMAJA KOTA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif tentang Literasi Media di Kalangan Remaja Kota dalam Penggunaan Media Sosial di Surabaya)

YUNIARIN PUTRI HARIYANTO, 071411623007 (2017) LITERASI MEDIA DI KALANGAN REMAJA KOTA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif tentang Literasi Media di Kalangan Remaja Kota dalam Penggunaan Media Sosial di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (COVER - DAFTAR GAMBAR)
COVER - DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB I - II)
BAB I - II.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III - IV)
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan teknologi dewasa ini berkembang sangat pesat, dan salah satu tanda dari adanya perkembangan teknologi tersebut yakni munculnya media sosial. Media sosial menawarkan fasilitas yang menarik dan bervariasi serta memberikan kemudahan dalam hal berinteraksi, berkomunikasi dan bersosialisasi. Hal tersebut membuat media sosial di sukai oleh berbagai kalangan masyarakat termasuk kalangan remaja kota Surabaya, namun dengan segala kemudahan tersebut media sosial juga kerap menimbulkan dampak negative dan permasalahan. Oleh karena itu remaja perlu dibekali dengan kemampuan literasi media agar dapat terhindar dari dampak negative yang ditimbulkan oleh media sosial. Fenomena tersebutlah yang menarik perhatian peneliti untuk mengetahui tingkat literasi media di kalangan remaja kota dalam penggunaan media sosial. Peneliti menggunakan konsep New Media Literacy dari Lin et al. (2013) yang memiliki empat tipe literasi yakni Functional Consuming Literacy, Critical Consuming Literacy, Functional Prosuming Literacy, Critical Prosuming Literacy yang terdiri dari sembilan indikator di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di kota Surabaya yang difokuskan pada remaja, di mana remaja disini adalah siswa-siswi SMP dan SMA di kota Surabaya. Untuk pengambilan sampel, peneliti menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi media remaja kota Surabaya dalam penggunaan media sosial memiliki total rata-rata yang dimiliki keempat tipe literasi yakni Functional Consuming Literacy (3,48), Critical Consuming Literacy (3,11), Functional Prosuming Literacy (2,44), Critical Prosuming Literacy (3,03).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.23/17 Har l
Uncontrolled Keywords: Literasi media, media sosial, remaja kota, new media literacy
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
YUNIARIN PUTRI HARIYANTO, 071411623007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRagil Tri atmi, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Mar 2018 22:22
Last Modified: 18 Mar 2018 22:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70951
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item