KUALITAS AIR DAN KEANEKARAGAMAN IKAN YANG TERTANGKAP DENGAN CAST NET DI WADUK KARANGKATES DAN SUNGAI KALI JAGIR TAHUN 2016

IMAM DARY SUPRIYADI PUTRA, 081311433059 (2018) KUALITAS AIR DAN KEANEKARAGAMAN IKAN YANG TERTANGKAP DENGAN CAST NET DI WADUK KARANGKATES DAN SUNGAI KALI JAGIR TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPB.07-18 Put k ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPB.07-18 Put k SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 20 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air dan indeks keanekaragaman ikan yang tertangkap dengan cast net di Waduk Karangkates dan Sungai Kali Jagir. Penelitian ini telah dilakukan pada tahun 2016 pada bulan Maret, Juni, September dan Desember di Waduk Karangkates dan Sungai Kali Jagir. Pada penelitian ini parameter kualitas air yang diuji di lokasi Sampling yaitu DO, pH, temperatur, kecerahan, sedangkan parameter kualitas air yang di uji di laboratorium yaitu BOD, COD, logam berat Pb dan Cd. Data yang telah didapatkan dicocokan dengan baku mutu yang telah ditetapkan oleh Pergub dan dan Perda. Hasil sampling ikan dihitung dan diidentifikasi jenisnya, lalu ditentukan indeks keanekaragamannya, kemudian hasilnya dicocokan dengan kategori derajat pencemaran. Hasil dari penelitian ini pada Waduk Karangkates dan Sungai Kali Jagir pada 4 titik sampling menunjukan nilai kadar BOD, COD, Pb, Cd tidak memenuhi baku mutu sedangkan parameter lainnya memenuhi baku mutu. Terdapat 14 spesies ikan yang tertangkap dengan cast net di Waduk Karangkates namun diantaranya terdapat 6 spesies ikan yang tidak ditemukan di Sungai Kali Jagir dan 16 spesies ikan yang tertangkap dengan cast net di Sungai Kali Jagir namun diantaranya terdapat 7 spesies ikan yang tidak ditemukan di Waduk Karangkates. berdasarkan hasil indeks keanekaragaman ikan pada titik sampling Bonklopo memiliki indeks keanekaragaman 1,3 dan titik sampling Lahor memiliki indeks keanekaragaman 1,4 dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pada Waduk Karangkates termasuk ke dalam kategori tercemar sedang (1,0-1,5) sedangkan pada Sungai Kali Jagir pada titik sampling Stikosa memiliki indeks keanekaragaman 1,7 dan titik sampling Jembatan MERR memiliki indeks keanekaragaman 1,6 hasil tersebut termasuk ke dalam kategori tercemar ringan (1,6-2,0). di Sungai Kali Jagir Terdapat hubungan antara parameter kualitas air yang baik diikuti pula dengan indeks keanekaragaman ikan yang baik begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.07/18 Put k
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC401-506 River, lake, and water-supply engineering (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsEmail
IMAM DARY SUPRIYADI PUTRA, 081311433059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAlfiah Hayati, Dr.UNSPECIFIED
ContributorTrisnadi W.C.P., Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Mar 2018 23:35
Last Modified: 19 Mar 2018 23:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71003
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item