EFISIENSI, DAYA SAING, DAN PROFITABILITAS SISTEM USAHATANI BAWANG MERAH DI JAWA TIMUR

Mario Yeheskil, 041311133200 (2018) EFISIENSI, DAYA SAING, DAN PROFITABILITAS SISTEM USAHATANI BAWANG MERAH DI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 21 March 2021.

Download (900kB)

Abstract

Bawang merah salah satu komoditas yang menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, oleh sebab itu komoditas bawang merah perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi, daya saing dan profitabilitas bawang merah di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui data Analisis Ekonomi Usahatani dan harga internasional komoditas bawang merah yang diperoleh dari instansi terkait dan publikasi ilmiah. Metode yang digunakan adalah Policy Analysis Matrix (PAM). Hasil perhitungan dari analisis PAM menunjukkan bahwa usahatani bawang merah di Provinsi Jawa Timur memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif sebagai indikator daya saing dan profitabilitas. Analisis sensitivitas menunjukkan bahwa adanya perubahan nilai tukar, perubahan tarif impor dan perubahan harga komoditas berpengaruh kepada tingkat keuntungan dan daya saing usahatani bawang merah. Studi ini menyarankan agar usahatani bawang merah di Provinsi Jawa Timur perlu mempertahankan serta meningkatkan produktivitasnya dengan insentifikasi serta perlu adanya kajian ulang terkait kebijakan yang belum berdampak positif serta menyediakan kebijakan alternatif terkait dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam pasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 13/18 Yeh e
Uncontrolled Keywords: daya saing, kebijakan pemerintah, profitabilitas, analisis sensitivitas, Policy Analysis Matrix (PAM)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
Mario Yeheskil, 041311133200UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Haryanto, Drs.Ec, M.P.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2018 01:53
Last Modified: 21 Mar 2018 01:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71067
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item