OPTIMALISASI PEMANFAATAN MATAHARI CLUB CARD DARI INFORMASI YANG DIHASILKAN TRANSACTION PROCESSING SYSTEM (STUDI TENTANG LOYALITAS DAN KEPUASAN PELANGGAN DI MATAHARI DEPT. STORE TUNJUNGAN PLAZA)

DIANA KHARISMA DEWI, 040317817 (2007) OPTIMALISASI PEMANFAATAN MATAHARI CLUB CARD DARI INFORMASI YANG DIHASILKAN TRANSACTION PROCESSING SYSTEM (STUDI TENTANG LOYALITAS DAN KEPUASAN PELANGGAN DI MATAHARI DEPT. STORE TUNJUNGAN PLAZA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-dewidianak-5422-a201_0-k.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Matahari Club Card adalah kartu keanggotaan bagi pelanggan setia Matahari dan merupakan program loyalitas pelanggan yang memberikan reward kepada anggotanya sejak Oktober 2000. Tujuan utama MCC adalah meningkatkan hubungan baik dengan anggotanya melalui berbagai program untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan setia Matahari. Transaction Processing System (TPS) merupakan subsistem input yang mempunyai arti panting dalam pemasaran dengan Cara mengumpulkan data dari berbagai sumber guna mendapatkan profil pelanggan yang kuat. Dengan menganalisis laporan basil Transaction Processing System terhadap transaksi yang dilakukan oleh pemegang Matahari Club card, diharapkan dapat mengetahui selera dan kebutuhan member MCC. Hasil analisis tersebut selanjutnya diintegrasikan dengan data yang diperoleh dari proses pada Marketing Research Subsystem dan Marketing Intelligence Subsystem guna mendapatkan informasi yang menyeluruh mengenai pelanggan melalui Marketing Information System (MKIS) yang kemudian diolah dengan Database Management System (DBMS), sehingga menghasilkan output yang dapat digunakan oleh Customer Relationship Management (CRM) perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para member MCC. Matahari Department Store merupakan perusahaan ritel terbesar di Indonesia, dengan sejumlah pelanggan yang tersebar di 37 kota di seluruh Indonesia. Penelitian ini mengevaluasi pemanfaatan laporan basil Transaction Processing System terhadap transaksi yang dilakukan oleh pemegang Matahari club card, guna mendapatkan gambaran apakah laporan hasil TPS dimanfaatkan secara optimal oleh Matahari Department Store unuk memberikan pelayanan berbasis CRM kepada para member MCC. Hasil analisis menunjukkan bahwa TPS Matahari Club Card belum diolah lebih lanjut dan tidak terintegrasi dalam MKIS sehingga belum dapat memberikan pelayanan berbasis CRM. Disarankan bahwa Matahari Department Store menawarkan fitur pemberian hadiah khusus sesuai preferensi member MCC atas transaksi pemberian yang sering dilakukan dengan syarat minimal keanggotaan 3 (tiga) tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 201/07 Dew o
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTION; CONSUMER BEHAVIOR MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIANA KHARISMA DEWI, 040317817UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDebby Ratna Daniel, Dr., rer., pol., S.E., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 20 Nov 2007 12:00
Last Modified: 31 Jul 2017 00:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7108
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item