Hubungan Resistensi Insulin dengan Albuminuria pada Pasien Penyakit Ginjal Kronis Nondiabetik Predialisis: Studi Observasional Analitik Cross-sectional di Instalasi Rawat Jalan Penyakit Dalam RSUD dr Soetomo Surabaya

Andhi Purboyo (2018) Hubungan Resistensi Insulin dengan Albuminuria pada Pasien Penyakit Ginjal Kronis Nondiabetik Predialisis: Studi Observasional Analitik Cross-sectional di Instalasi Rawat Jalan Penyakit Dalam RSUD dr Soetomo Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDS.IPD. 06-18 Pur h Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS.IPD. 06-18 Pur h.pdf
Restricted to Registered users only until 22 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SK PENETAPAN PEMBIMBING)
Bukti Bimbingan (1).pdf

Download (979kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Peningkatan jumlah pasien end stage renal disease (ESRD) menunjukkan upaya dalam menghambat progresivitas PGK belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Albuminuria merupakan salah satu faktor yang berperan meningkatkan progresivitas PGK. Akhir-akhir ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa albuminuria dapat terjadi akibat gangguan sinyal insulin pada sel podosit. Beberapa penelitian tentang hubungan resistensi dengan albuminuria menunjukkan hasil yang kontradiksi, sehingga masih diperlukankajian penelitian lebih lanjut. Tujuan : Menentukan hubungan resistensi insulin dengan albuminuria pada pasien PGK nondiabetik predialisis di Instalasi Rawat Jalan Penyakit Dalam RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode : Penelitian observasional analitik cross sectional ini melibatkan 39 subjek penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel yang diteliti adalah resistensi insulin yang diukur dengan metode HOMA-IR dan albuminuria yang diukur dengan metode albumin to creatinin ratio (ACR). Analisis hubungan resistensi insulin dengan albuminuria menggunakan uji korelasi Spearman karena distribusi data tidak normal. Hasil : Jumlah subyek penelitian adalah 39 orang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Prevalensi resistensi insulin pada subjek penelitian didapatkan sebanyak 74,4%. Nilai median HOMA IR adalah 2,44, dengan nilai terendah 0,29 dan nilai tertinggi 12,87. Nilai median ACR adalah 353 mg/g, dengan nilai ACR terendah sebesar 3 mg/g dan tertinggi sebesar 6768 mg/g. Tidak didapatkan hubungan antara resistensi insulin dengan albuminuria pada pasien PGK nondiabetik predialisis (r = -0,199, p = 0,224). Kesimpulan : Terdapat prevalensi resistensi insulin yang tinggi pada pasien PGK nondiabetik predialisis, namun tidak terdapat hubungan antara resistensi insulin dengan albuminuria.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IPD. 06-18 Pur h
Uncontrolled Keywords: Resistensi insulin, albuminuria, PGK nondiabetik predialisis
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Dalam
Creators:
CreatorsNIM
Andhi PurboyoNIM011180203
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChandra Irwanadi MohaniNIDN8840010016
Thesis advisorSoebagijo Adi SoelistijoNIDN8837500016
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Mar 2018 20:46
Last Modified: 28 Oct 2020 02:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71132
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item