PUSAT DIABETES SURABAYA Langkah Menuju Pelayanan Terpadu Dalam Pengelolaan Diabetes Mellitus : Pidato Pengukuhan diucapkan pada peresmian penerimaan jabatan Guru Besar dalam mata pelajaran Ilmu Penyakit Dalam pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu tanggal 10 Januari 1987

H. Askandar Tjokroprawiro, Prof. (1987) PUSAT DIABETES SURABAYA Langkah Menuju Pelayanan Terpadu Dalam Pengelolaan Diabetes Mellitus : Pidato Pengukuhan diucapkan pada peresmian penerimaan jabatan Guru Besar dalam mata pelajaran Ilmu Penyakit Dalam pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu tanggal 10 Januari 1987. Fakultas Kedokteran, Surabaya Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (fulltext)
KKA KK PG 278-10 Tjo p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes Mellitus adalah penyakit degeneratif yang mempunyai kecenderungan meningkat jumlahnya baik pada kalangan masyarakat yang mampu maupun tidak mampu, hanya saja manifestasinya akan lebih mudah pada yang mampu karena perbedaan cara hidup (life style) yang berlainan terutama dalam hal jenis maupun jumlah makanan dan kegiatan fisik antara kedua golongan masyarakat terseput. Di dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN) yang diterbitkan di Jakarta, 2 Maret 1982 menyebutkan bahwa penyakit tidak menular, seperti kardiovaskuler, kanker, dan penyakit degeneratif lainnya, serta kecelakaan pada tahun 1980 relatif tidak begitu tinggi jumlahnya; secara keseluruhan merupakan 30.6% dari seluruh kesakitan. Menjelang tahun 2000 kelompok penyakit degeneratif ini akan meningkat terus.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG 278-10 Tjo p
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Terpadu, Pengelolaan Diabetes Mellitus
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsEmail
H. Askandar Tjokroprawiro, Prof.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Mar 2018 21:33
Last Modified: 21 Mar 2018 21:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71143
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item