PERAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MEWUJUDKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM BANK SAMPAH BINTANG MANGROVE (Di Masyarakat RT 03 RW 01 Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Gunung Anyar Surabaya)

RIZKA PRANATASARI, 091514253029 (2018) PERAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MEWUJUDKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM BANK SAMPAH BINTANG MANGROVE (Di Masyarakat RT 03 RW 01 Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Gunung Anyar Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 March 2021.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Sumber Daya Manusia untuk mewujudkan partisipasi dan bentuk partisipasi masyarakat dalam program bank sampah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses Sumber Daya Manusia untuk mewujudkan berpartisipasi dalam program Bank Sampah, yaitu menangkap kesempatan yang ada, kemampuan, dan juga kemauan yang dimiliki oleh masyarakat. Kesempatan berupa informasi tentang bank sampah. Kemampuan meliputi kemampuan menangkap adanya kesempatan, kemampuan teknis pengelolaan bank sampah (pemilahan sampah, administrasi, penimbangan, dan packing), kemampuan komunikasi untuk sosialisasi tentang bank sampah, kemampuan mengelola waktu, dan kesabaran menghadapi masalah di bank sampah. Kemauan meliputi kemauan menumbukan nilai kepedulian sosial dan religi, kemauan berkordinasi dengan pemerintah dan pihak eksternal, kemauan untuk memecahkan masalah yang ada, dan kemauan memperbaiki mutu hidup dalam kebersihan lingkungan. Secara umum, dalam hal kesempatan dan kemampuan sudah dimiliki oleh masyarakat RT 03 RW 01, tetapi pada aspek kemauan masih banyak memiliki rintangan untuk mewujudkannya. Bentuk partisipasi yang ada di masyarakat RT 3 RW 1 di Bank Sampah Bintang Mangrove adalah masyarakat berpartisipasi menjadi kelompok kelompok masyarakat sebagai inisiator bank sampah, pengurus bank sampah dan juga anggota atau disebut sebagai nasabah bank sampah. Partisipasi masyarakat juga dilakukan melalui diskusi pada saat merumuskan pendirian bank sampah dan ketika ada permasalahan yang butuh untuk diselesaikan. Selain itu, bentuk partisipasi masyarakat juga ditemukan dalam kegiatan sosialisasi tentang program bank sampah kepada calon anggota (nasabah) dan kegiatan pelayanan kepada tamu yang ingin belajar tentang Bank Sampah. Memanfaatkan hasil-hasil yang dicapai yakni berupa terwujdunya kebersihan lingkungan, mendapatkan tabungan hasil dari penjualan sampah, serta program tambahan seperti program beasiswa untuk putra- putri anggota Bank Sampah Bintang Mangrove.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPS 08/18 Pra p
Uncontrolled Keywords: Partisiasi Masyarakat; Bank Sampah; Faktor Pendukung Partisipasi; Sumber Daya Manusia
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
RIZKA PRANATASARI, 091514253029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMusta’in, Prof. Dr.,Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2018 22:21
Last Modified: 21 Mar 2018 22:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71154
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item