ANALISIS EFISIENSI RUMAH SAKIT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2014

LIADIKA KURNIA AKBARWATI, 041011172 (2018) ANALISIS EFISIENSI RUMAH SAKIT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2014. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_C.46 18 Akb a.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_C.46 18 Akb a.pdf
Restricted to Registered users only until 23 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan merupakan investasi yang berperan penting dalam pembangunan ekonomi. Saat ini pembangunan kesehatan merupakan salah satu faktor yang dijadikan tolak ukur untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengukuran Indeks Pengembangan Manusia (IPM). Bidang kesehatan menjadi prioritas pembangunan karena masih tingginya angka kematian ibu dan bayi, rendahnya kesadaran masyarakat akan berprilaku hidup sehat serta terbatasnya jumlah tenaga kesehatan serta sarana prasarana kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi rumah sakit kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2014. Rumah Sakit yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sarana pelayanan kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jumlah dokter, jumlah asisten medis, jumlah tempat tidur, dan anggaran belanja pemerintah sektor kesehatan. Metode yang digunakan untuk mengolah data tersebut adalah Data Envelopment Analysis (DEA). Hasil menunjukkan efisiensi teknis suatu decision making unit (DMU) kemudian dibandingkan terhadap DMU lainnya. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa rumah sakit Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur secara umum belum dapat memenuhi prinsip efisiensi dalam pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C.46/18 Akb a
Uncontrolled Keywords: efisiensi, rumah sakit, data envelopment analysis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
LIADIKA KURNIA AKBARWATI, 041011172UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDyah Wulansari, Dra., MEC., Dev., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Mar 2018 18:09
Last Modified: 22 Mar 2018 18:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item