PERGESERAN GENDER DARI TWILIGHT KE LIFE AND DEATH (TWILIGHT REIMAGINED) KARYA STEPHENIE MEYER

AWANDA EKI SAFITRI, 121414153008 (2018) PERGESERAN GENDER DARI TWILIGHT KE LIFE AND DEATH (TWILIGHT REIMAGINED) KARYA STEPHENIE MEYER. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 26 March 2021.

Download (949kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti novel asli dari Stephenie Meyer yaitu Twilight dan tafsiran barunya yaitu Life and Death (Twilight Reimagined) yang juga tulis oleh Meyer. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menemukan ideologi patriarki yang digambarkan dalam Twilight jika dibandingkan dengan Life and Death karya Stephenie Meyer dan 2) untuk menemukan signifikansi penggambaran ideologi patriarki dari Twilight ke Life and Death karya Stephenie Meyer? Penelitian menggunakan pendekatan sastra bandingan untuk membandingkan kedua novel. Selain itu penelitian ini juga menggunakan kritik sastra feminis khususnya teori Politik Seksualitas dari Kate Millet. Politik Seksualitas digunakan untuk melihat ideologi patriarki khusus nya pada stereotip gender feminin dan maskulin pada kedua novel. Pada pembahasan akan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, akan membahas pengambaran ideologi patriarki pada tokoh-tokoh dalam Twilight dan Life and Death dan penggambaran ideologi patriarki dalam lingkungan sosial. Adapun pada bagian kedua akan dibahas signifikansi penggambaran ideologi patriarki yang sebelumnya sudah dianalisis pada bagian pertama. Penelitian menemukan bahwa terjadi pergeseran stereotip gender dari Twilight ke Life and Death. Pergeseran ini ditunjukkan yaitu pada novel asli Twilight yang sangat stereotip dalam menggambarkan karakter laki-laki dan perempuan, laki-laki memiliki sifat seksual yang maskulin begitupun perempuan yang memiliki sifat feminin. Namun, pada Life and Death penggambaran karakter laki-laki dan perempuan digambarkan lebih cair, dimana karakter laki-laki juga dapat memiliki sifat feminin dan maskulin begitupun pada karakter perempuan. Pergeseran tersebut menandakan bahwa adalah upaya untuk menentang stereotip gender dari ideologi patriarki.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TKSB 11/18 Saf p
Uncontrolled Keywords: millet, politik seksualitas, ideologi patriarki, gender, twilight, life and death, feminin, maskulin
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010-1525 Poetry
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Magister Kajian Sastra dan Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsEmail
AWANDA EKI SAFITRI, 121414153008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Wulan, Dra.,M.A.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2018 01:26
Last Modified: 26 Mar 2018 01:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71284
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item