PERUBAHAN LAKTAT DARAH DAN BASE EXCESS PADA PASIEN PERDARAHAN > 20% ESTIMATE BLOOD VOLUME SEBELUM DAN SESUDAH RESUSITASI CAIRAN

Yudianto, NIM011180605 (2018) PERUBAHAN LAKTAT DARAH DAN BASE EXCESS PADA PASIEN PERDARAHAN > 20% ESTIMATE BLOOD VOLUME SEBELUM DAN SESUDAH RESUSITASI CAIRAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDS.AT. 03-18 Yud p Abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS.AT. 03-18 Yud p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (991kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Perdarahan yang tidak teratasi menjadi satu penyebab kematian utama. Perdarahan menyebabkan oksigen tidak bisa terdistribusi dengan baik, terjadi hipoperfusi jaringan, metabolisme berubah menjadi anaerob. Metabolisme anaerob membuat produksi laktat darah meningkat dan suasana darah semakin asam sehingga base axcess semakin negatif. Dilakukan resusitasi cairan, darah diganti dengan cairan replacement sebanyak 3 kali perkiraan perdarahan. Pergantian dalam jumlah yang tepat membuat hemodinamika stabil. Kestabilan hemodinamika bisa dikonfirmasi dengan perbaikan base excess dan kadar laktat Metode: Telah dilakukan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional prospektif terhadap 15 pasien perdarahan > 20% estimate blood volume yang dilakukan resusitasi cairan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Soetomo. Nilai laktat dan base excess diambil saat pasien perdarahan baru datang. Setelah pasien dinyatakan stabil secara hemodinamik, satu jam kemudian baru dilakukan pemeriksaan laboratorium laktat dan base excess. Hasil: Tidak dijumpai hubungan untuk jenis kelamin, usia, berat badan dan kelas perdarahan dengan perubahan laktat dan base excess pada pasien perdarahan sebelum dan sesudah resusitasi. Kadar laktat darah menurun ditemukan secara bermakna (P = 0,002) pada pasien trauma perdarahan yang telah stabil dengan resusitasi cairan kristaloid. Sedangkan Base excess meningkat ke arah positif ditemukan secara bermakna (P = 0,001) pada pasien trauma perdarahan yang telah stabil dengan resusitasi cairan kristaloid Kesimpulan: Kadar laktat darah menurun dan base excess meningkat ke arah positif ditemukan pada pasien trauma perdarahan yang telah stabil dengan resusitasi cairan kristaloid.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.AT. 03-18 Yud p
Uncontrolled Keywords: Shock Hipovolemik; Resusitasi cairan; Kristaloid; Laktat; Base excess
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Yudianto, NIM011180605NIM011180605
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Rahardjo, Prof. Dr., dr., SpAn KIC KAOUNSPECIFIED
Thesis advisorArie Utariani, Dr., dr., SpAn KAPUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Mar 2018 16:22
Last Modified: 27 Mar 2018 16:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71319
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item