HYBRID ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION HYBRID ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) DENGAN SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN DYNAMIC TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (DTSP)

PUTRI ARITA SARI, 081311233092 (2018) HYBRID ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION HYBRID ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) DENGAN SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN DYNAMIC TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (DTSP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPM.26-18 Sar h ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPM.26-18 Sar h SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dynamic Travelling Salesman Problem (DTSP) adalah suatu permasalahn untuk mendapatkan jarak minimal dari rute mengunjungi beberapa kota. Dalam penerapannya, DTSP hampir sama dengan Travelling Salesman Problem (TSP), bedanya pada DTSP terdapat pengupdatean kota tujuan yang akan dikunjungi. Pengupdatean tersebut bisa berupa penambahan atau pengurangan kota tujuan. Tujuan dari DTSP adalah untuk meminimalkan jarak tempuh untuk mengunjungi kota tujuan dengan dimulai dan diakhiri oleh kota awal. Skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan dynamic travelling salesman problem menggunakan hybrid algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) dengan Simulated Annealing (SA).Hybrid algoritma PSO dengan SA merupakan penggabungan antara algoritma PSO dengan algoritma SA. Secara umum PSO adalah membangkitkan partikel-partikel, mencari dan , serta update kecepatan dan posisi. Hybrid algoritma PSO dengan SA merupakan suatu prose dimana pencarian dan dilakukan berdasarkan aturan SA. Algortima ini berhenti ketika suhu yang dikehendaki sudah berhenti.Program untuk menyelesaikan DTSP dengan hybrid algoritma PSO dengan SA dibuat dalam bahasa pemograman C++ serta diimplementasikan pada dua contoh kasus yaitu data kecil dengan 15 kota dan data besar dengan 128 kota. Solusi terbaik dari data kecil adalah 264 satuan jarak unutk semua parameter yang diberikan. Sedangkan solusi terbaik dari data besar adalah 30894 satuan jarak dengan parameter m = 50, L = 50, T = 1000. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa semakin besar jumlah swarm (m) mengakibatkan solusi cenderung lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.26/18 Sar h
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI ARITA SARI, 081311233092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Mar 2018 19:01
Last Modified: 28 Mar 2018 17:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71341
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item