PENYELESAIAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH SIMULTANEOUS PICK AND DELIVERY DENGAN HYBRID ALGORITMA GENETIKA DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION

HEIDY ROSSY NATASHA, 081311233099 (2018) PENYELESAIAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH SIMULTANEOUS PICK AND DELIVERY DENGAN HYBRID ALGORITMA GENETIKA DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPM.30-18 Nat p ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPM.30-18 Nat p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pick and Delivery (VRPSPD) adalah varian dari masalah Vehicle Routing Problem (VRP), kendaraan yang dibatasi tidak hanya dengan mengantarkan barang ke konsumen namun mengambil barang dari konsumen yang dilakukan secara bersamaan. VRPSPD memiliki dua kegiatan yaitu pengiriman dan pengambilan yang dilakukan secara bersamaan dengan kendaraan yang sama maka beban pada kendaraan harus dipantau setiap pelanggan agar kendaraan tersebut tidak kelebihan beban. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mendapatkan solusi terbaik dari VRPSPD menggunakan hybrid Algoritma Genetika dan Particle Swarm Optimization (PSO). Algoritma Genetika adalah algoritma yang terinspirasi oleh teori evolusi Darwin. Particle Swarm Optimization adalah algoritma yang terinspirasi oleh perilaku sosial beberapa kawanan burung terbang. Hybrid GA-PSO adalah kombinasi dari kedua algoritma, dimulai dengan proses GA kemudian proses PSO. Proses awal dari GA yaitu input data dan menginisialisasi parameter lalu menghasilkan solusi awal kemudian menghitung nilai fungsi tujuan lalu menghitung nilai fitness dengan menggunakan roulette wheel kemudian menentukan induk crossover dan proses crossover dengan menggunakan single point crossover. Proses mutasi menggunakan respirasi exchange mutation lalu menentukan populasi baru dan prosesnya berlanjut sampai iterasi maksimal, kemudian penentuan populasi awal pada PSO lalu menentukan pbest dan gbest lalu hitung kecepatan baru kemudian hitung partikel baru dan proses berlanjut sampai iterasi maksimal. Berdasarkan hasil running program perubahan hasil solusi dipengaruhi oleh parameter max_iterasi. Bila nilai parameter max_iterasi dinaikan, solusi yang dihasilkan cenderung lebih baik. Sedangkan parameter popsize tidak begitu menunjukkan pengaruhnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.30/18 Nat p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
HEIDY ROSSY NATASHA, 081311233099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Mar 2018 20:23
Last Modified: 28 Mar 2018 17:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71364
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item