PEMAKNAAN PENONTON TELEVISI TERHADAP PERILAKU REMAJA AMERIKA DALAM SERIAL TELEVISI GLEE

VRISA RIVERA, 121414153014 (2018) PEMAKNAAN PENONTON TELEVISI TERHADAP PERILAKU REMAJA AMERIKA DALAM SERIAL TELEVISI GLEE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada studi resepsi audiens untuk mengungkap pemaknaan penonton Indonesia terhadap perilaku remaja Amerika dalam serial televisi Amerika yang diminati oleh masyarakat remaja Indonesia. Serial televisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah serial TV Glee yang menceritakan sekelompok remaja yang memiliki berbagai macam perilaku seperti seks, bullying dan homoseksual yang akhirnya muncul sebagai American youth culture. Metode analisis penelitian ini menggunakan kajian studi audiens dengan berlandaskan pada teori resepsi audiens Stuart Hall, serta teori audiens aktif Sonia Livingstone. Sementara itu, informan terpilih di ambil melalui metode purposive sampling berdasarkan kriteria peneliti, yakni informan adalah mahasiswa sastra Inggris minat American studies dari Universitas Airlangga di Surabaya serta informan telah menonton serial TV Glee yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun para penonton pada posisi dominan atau negosiasi namun pada realitasnya mereka resisten pada perilaku seks, homoseksual, dan bullying. Dengan demikian, mereka pada posisi in between viewer atau pada posisi “kemunafikan” yang tidak ditawarkan dalam teori resepsi audiens milik Stuart Hall. Para penonton pun menyimpulkan bahwa apabila perilaku itu dilakukan di Indonesia akan sangat bertentangan dengan norma, moral, dan agama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TKSB 26/18 Riv p
Uncontrolled Keywords: resepsi audiens, audiens aktif, serial TV Glee, American youth culture
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Kajian Sastra dan Budaya
Creators:
CreatorsNIM
VRISA RIVERA, 121414153014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachma Ida, Prof.,Hj.DRa.,M.Co.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2018 21:21
Last Modified: 27 Mar 2018 21:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71384
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item