PENERAPAN HYBRID ALGORITMA GENETIKA DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) UNTUK MENYELESAIKAN MULTI TRIP VEHICLE ROUTING PROBLEM (MTVRP)

NURROCHMA NUGRAHERRY, 081311233093 (2018) PENERAPAN HYBRID ALGORITMA GENETIKA DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) UNTUK MENYELESAIKAN MULTI TRIP VEHICLE ROUTING PROBLEM (MTVRP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPM.37-18 Nug p ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPM.37-18 Nug p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah Multi Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP) menggunakan hybrid Algoritma Genetika dan Particle Swarm Optimization (PSO). MTVRP adalah pengembangan dari permasalahan VRP dengan adanya penambahan kendala kapasitas dan batas waktu kerja kendaraan. Vehicle Routing Problem (VRP) adalah permasalahan untuk meminimalkan rute pendistribusian barang dengan keterbatasan kapasitas barang yang di angkut. Rute yang terbentuk harus dimulai dan berakhir di tempat yang sama yaitu depot. Algoritma genetika merupakan algoritma pencarian berdasarkan mekanisme seleksi dan genetika alam. Algoritma PSO merupakan algoritma yang terinspirasi dari perilaku suatu organisme. Hybrid algoritma genetika dan PSO adalah gabungan dari kedua algoritma dengan cara melakukan proses algoritma genetika terlebih dahulu kemudian di dilanjutkan ke proses PSO. Proses algoritma genetika secara umum yaitu membangkitkan populasi awal, menghitung nilai fungsi tujuan, melakukan seleksi, crossover, serta mutasi. Sedangkan proses untuk PSO secara umum adalah membangkitkan partikel awal, kemudian mencari nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.37/18 Nug p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
NURROCHMA NUGRAHERRY, 081311233093UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Mar 2018 21:29
Last Modified: 28 Mar 2018 17:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71388
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item