PENERAPAN NEURAL NETWORK SELF–ORGANIZING MAP DAN LOGIKA FUZZY PADA PENENTUAN PRODUKSI

CANDRA ARGA MAULANA, 081012063 (2018) PENERAPAN NEURAL NETWORK SELF–ORGANIZING MAP DAN LOGIKA FUZZY PADA PENENTUAN PRODUKSI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPM.38-18 Mau p ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPM.38-18 Mau p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Logika fuzzy merupakan salah satu metode pemecahan masalah untuk melakukan analisis sistem yang tidak pasti dan memiliki toleransi terhadap datadata yang tidak tepat. Pada penerapannya, tidak mudah membentuk suatu sistem fuzzy, diperlukan sistem pakar yang akurat untuk membentuk basis aturan fuzzy atau jaringan syaraf tiruan untuk mendukung sistem fuzzy. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan banyaknya produksi dengan menggunakan logika fuzzy yang dibentuk dari proses clustering menggunakan Self–Organizing Map. Langkah-langkah dalam penelitian ini yang pertama adalah melakukan pengelompokkan data dengan jaringan syaraf Self–Organizing Map (SOM) dengan nilai parameter learning rate ( ) awal = 0,6 dan konstanta learning function = 0,5. Langkah kedua, hasil clustering dari proses SOM digunakan untuk membentuk fungsi keanggotaan pada sistem inferensi fuzzy metode Mamdani. Selanjutnya, penentuan produksi diperoleh dari proses defuzzifikasi menggunakan metode centroid pada sistem fuzzy tersebut. Program Neural Network Metode Self–Organizing Map dan Logika Fuzzy Mamdani pada penentuan banyaknya produksi barang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java. Berdasarkan implementasi yang dilakukan pada data produksi roti di Perusahaan Kindys’ Donuts, didapatkan rata-rata error sebesar 5,8127 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode SOM–Fuzzy yang dilakukan mampu mendekati nilai sebenarnya, dan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam menentukan banyaknya produksi barang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.38/18 Mau p
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer networks and Data transmission systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
CANDRA ARGA MAULANA, 081012063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Mar 2018 21:36
Last Modified: 28 Mar 2018 17:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71391
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item