PANDANGAN TOKOH UTAMA TENTANG CINTA DALAM KUMPULAN CERPEN HANYA KAMU YANG TAHU BERAPA LAMA LAGI AKU HARUS MENUNGGU KARYA NORMAN ERIKSON PASARIBU

ALHAM TRI YUGO WICAKSONO, 121211133067 (2018) PANDANGAN TOKOH UTAMA TENTANG CINTA DALAM KUMPULAN CERPEN HANYA KAMU YANG TAHU BERAPA LAMA LAGI AKU HARUS MENUNGGU KARYA NORMAN ERIKSON PASARIBU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 FS.BI.06-18 Wic p ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FS.BI.06-18 Wic p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian berjudul Pandangan tokoh Utama Tentang Cinta dalam Kumpulan Cerpen Hanya Kamu Yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu karya Norman Erikson pasaribu (1) Untuk menghadirkan penokohan tokoh aku dalam kumpulan cerpen tersebut (2) Penelitian ini juga memberikan contoh tentang pandangan cinta dalam kumpulan cerpen (3) Terakhir penelitian ini membuktikan bahwa kenyataan terhadap makna cinta yang dialami setiap tokoh dalam kumpulan cerpen dan dihubungkan tentang tokoh aku yang dihadirkan dalam kumpulan cerpen. Metode penelitian ini adalah teori struktur, terkait pembedahannya atas tokoh aku yang mengalami masalah dalam memaknai sebuah cinta dalam kumpulan cerpen. Dalam teorinya, Teeuw menjelskan sebuah pendapat dalam sebuah karya sastra dianggap bersifat otonom, terlepas dari kondisi sosial dan keadaan sekitar karya sastra diciptakan. Sehingga teori structural dianggap tidak berkaitan dengan pengarang maupun realitas sosialnya, analisis dan pemahaman yang mendalam terhadap unsur dan relasi bagian yang membangun karya sastra sehingga bisa menumukan titik benang merah supaya menghasilkan pengetahuan tentang system sastra. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa teks kumpulan cerpen Hanya Kamu Yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu adalah mengingatkan kembali bahwa tokoh utama yang sedang mengalami masalah akan cinta akan kepada Tuhan, cinta akan keluarga, cinta akan pertemanan, cinta pada seseorang keksih, cinta akan lawan jenis dimana kehidupan ini yang sedang dialami oleh kehidupan masyarakat sekarang. Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan dan memahami tentang hubungan tokoh utama dalam memaknai sebuah cinta. pandangan cinta memberikan konsekuensi logis; pertama, teks kumpulan cerpen tersebut merupakan teks dengan menunjukkan kondisi setiap tokoh utama sebagai korban keadaan sehingga setiap tokoh mengalami kebingungan dalam mencari solusi tentang cinta; kedua, bahwa pencarian jati diri setiap individu itu berbedabeda dalam memaknai cinta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.06/18 Wic p
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
ALHAM TRI YUGO WICAKSONO, 121211133067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBramantio, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Apr 2018 20:58
Last Modified: 01 Apr 2018 20:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71461
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item