PEMERTAHANAN BAHASA MADURA DALAM RANAH KELUARGA DI KELURAHAN DUKUH SETRO KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA

NURAENI, 121311133008 (2018) PEMERTAHANAN BAHASA MADURA DALAM RANAH KELUARGA DI KELURAHAN DUKUH SETRO KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 FS.BI.08-18 Nur p ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FS.BI.08-18 Nur p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pemertahanan Bahasa Madura dalam Ranah Keluarga Di Kelurahan Dukuh Setro Kecamatan Tambaksari Surabaya” ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemertahanan bahasa Madura Dalam Ranah Keluarga Di Kelurahan Dukuh Setro Kecamatan Tambaksari Surabaya. (2) mendeskripsikan faktor-faktor pendukung terjadinya pemertahanan bahasa Madura di Kelurahan Dukuh Setro Kecamatan Tambaksari Surabaya. Metode yang digunakan pada skripsi ini adalah metode bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode simak, catat, di bantu dengan teknik wawancara secara langsung dan observasi. Hasil dari analisis data ini menunjukkan bahwa telah terjadi pemertahanan bahasa Madura pada masyarakat etnis Madura di Kelurahan Dukuh Kecamatan Tambaksar tersebut. Penggunaan bahasa Madura ragam kasar dan tengah lebih sering terjadi dalam berkomunikasi. Besarnya pemertahanan bahasa Madura dapat terjadi karena masyarakat etnis Madura lebih sering menggunakan bahasa Madura saat berkomunikasi dengan masyrakat setempat, baik sesama etnis Madura maupun non Madura. Pemertahanan bahasa Madura di Kelurahan Dukuh Setro Kecamatan Tambaksari memiliki faktor-faktor pendukung meliputi kebanggaan dengan budaya asal, keakraban dan adanya sikap toleransi dari masyarakat setempat non Madura dan bahasa Madura lebih disukai dalam berkomunikasi sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.08/18 Nur p
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P98-98.5 Computational linguistics. Natural language processing
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NURAENI, 121311133008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTubiyono, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Apr 2018 21:37
Last Modified: 01 Apr 2018 21:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71469
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item