JEAN-MARC VALLÉE’S DALLAS BUYERS CLUB: A MARXIST ANALYSIS OF SOCIAL CLASS STRUCTURES AND CAPITAL

MUHAMMAD RAMADHAN DZULFIKAR, 121012041 (2018) JEAN-MARC VALLÉE’S DALLAS BUYERS CLUB: A MARXIST ANALYSIS OF SOCIAL CLASS STRUCTURES AND CAPITAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 April 2021.

Download (2MB)

Abstract

Film seringkali digunakan sebagai media promosi dan mengkritisi kehidupan sosial. Artikel ini dibuat berdasarkan deduksi bahwa representasi unik minoritas berusaha ditunjukkan oleh media ini. Dallas Buyers Club adalah film tentang representasi penderita HIV/AIDS heteroseksual dan homoseksual yang berjuang untuk bertahan hidup. Penderita HIV/AIDS yang terklasifikasi sebagai kelas ploletar menjadi sasaran dari film ini. Konflik antar kelas turut dalam usaha mencari jalan alternatif dalam proses pengobatan. Exploitasi kelas borjuis menyulitkan penderita HIV/AIDS dalam kehidupan keseharian mereka. Dengan menganalisa data, film ini bertujuan untuk mendukung kelas minoritas. Kebijakan limitasi film untuk penonton berumur 21 tahun keatas diperlukan. Maksud dari film ini ditampakkan melalui aspek naratif dan non-naratif. Penelitian ini fokus pada konlfik antar kelas menggunakan teori Marxist sebagai basis. Perjuangan kelas proletar mencari jalan alternatif dalam proses pengobatan dengan melalui banyak rintangan, serta membuka perspektif kita dilihat dari sudut pandang lain tentang isu HIV/AIDS. Melalui artikel ini, penulis mengharapkan dapat memunculkan hubungan antara film dan sarkasme media atau sebagai hiburan semata. Penulis mengharapkan bahwa artikel ini akan membantu di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS BE 32/18 Dzu j
Uncontrolled Keywords: kaum proletar, konflik antar kelas, Marxism, kaum borjuis, kelas sosial
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT601-1445 Classes > HT621-635 Origin of social classes
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD RAMADHAN DZULFIKAR, 121012041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPujo Sakti Nur Cahyo, M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2018 23:20
Last Modified: 02 Apr 2018 23:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71533
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item