JEJARING PELAYANAN PENYAKIT INFEKSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MIKROBIOLOGI KLINIK DI INDONESIA: Pidato Disampaikan pada pengukuhan Jabatan Guru Besar Dalam bidang Ilmu Mikrobiologi pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu tanggal 27 Januari 2007

KUNTAMAN, Prof. (2007) JEJARING PELAYANAN PENYAKIT INFEKSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MIKROBIOLOGI KLINIK DI INDONESIA: Pidato Disampaikan pada pengukuhan Jabatan Guru Besar Dalam bidang Ilmu Mikrobiologi pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu tanggal 27 Januari 2007. Fakultas Kedokteran, Surabaya Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Fulltext)
KKA KK PG. 279-10 Kun j.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada masa kebudayaan kuno, orang menganggap bahwa penyakit adalah bentuk kutukan atau hukuman Tuhan kepada manusia (Smith dkk, 1964; Freeman, 1985). Bangsa Mesir mulai be rpikir bahwa penyakit (pada saat itu banyak penyakit Lepra) bisa menular lewat sentu han, namun sampai abad pertengahan belum banyak pemikir yang mencurigai kehidupan mikro sebagai penyebab penyakit. Makhluk hidup mikroskopis pertama diperlihatkan oleh Antony van Leeuwenhoek pada tahun 1676 . Setelah itu banyak pemikir yang mencoba mencari penyebab penyakit infeksi. Pada tahun 1884, pemikir German (Robert Koch) menemukan cara mencari penyebab penyakit infeksi yang dikenal dengan Postulat Koch. Melalui Postulat ini bisa mikroba apa sebagai penyebab penyakit infeksi. Sejak itu pula berkembang mikrobiologi modern yang meru pakan titik awal zaman keemasan mikrobiologi.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG. 279-10 Kun j
Uncontrolled Keywords: JEJARING PELAYANAN, PENYAKIT INFEKSI, MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN, MIKROBIOLOGI KLINIK
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR1-502 Microbiology
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Mikrobiologi Klinik
Creators:
CreatorsNIM
KUNTAMAN, Prof.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 03 Apr 2018 20:43
Last Modified: 03 Apr 2018 20:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71581
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item