THE REPRESENTATION OF MASCULINITYIN DJARUM SUPERCOMMERCIAL: INDONESIA VERSION

Pio Jody Putra, 121012022 (2018) THE REPRESENTATION OF MASCULINITYIN DJARUM SUPERCOMMERCIAL: INDONESIA VERSION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 4 April 2021.

Download (1MB)

Abstract

Iklan adalah media yang menyampaikan pesan yang disusun sedemikian rupa dalam bentuk media elektronik dan media cetak untuk mempromosikan produk kepada masyarakat. Pesan yang ada dalam iklan tidak di sampaikan secara jelas kepada masyarakat meskipun terdadapat ideologi yang penting untuk diketahui oleh para pemirsa yang mengkonsumsi iklan tersebut. Penelitian ini mendiskusikan tentang maskulinitas dalam iklan Djarum Super versi Indonesia di tahun 2012. Tujuan penelitian ini ingin menjelaskan bagaimana maskulinitas dalam iklan ini ditampilkan. Dengan menggunakan semiotika dari Roland Barthes melalui denotative, konotatif, dan myth, peneliti mengklaim bahwa dalam iklan ini menunjukan maskulinitas ditunjukan melalui hubungan laki-laki dan alam. Peneliti menganalisa beberapa cuplikan kemudian fokus pada teks dan gambar yang muncul di dalam video iklan tersebut. Dalam kasus ini iklan Djarum Super versi Indonesiamenunjukan kondisi yang tidak sesuai bahwa iklan rokok dapat menyebabkan efek yang buruk pada alam, tetapi iklan ini menggunakan alam sebagai objek. Jadi, penelitian ini menghubungkan dengan teori maskulinitas untuk menjawab bagaimana maskulinitas mewakili iklan Djarum Super melalui hubungan antara laki laki dan alam. Peneliti mengumpulkan data menggunakan metode kualitatif kemudian menjelaskan tiap tanda yang muncul di dalam video iklan tersebut. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bagaimana maskulinitas digambarkan pada ilkan Djarum Super versi Indonesia. Hasilnya menjelaskan ideologi yang muncul dibalik cerita dalam video tersebut yang menjelaskan maskulinitas melalui hubungan antara laki laki dan alam yang para pemirsa tidak memahami hal ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS BE 42/18 Put r
Uncontrolled Keywords: Iklan, Traditional Gender Roles, Maskulinitas, Representasi, Djarum Super
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsEmail
Pio Jody Putra, 121012022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDadung Ibnu Muktiono, M.C.SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2018 21:25
Last Modified: 03 Apr 2018 21:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71590
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item