PERBEDAAN SAFETY RIDING DITINJAU DARI SELFCONSTRUAL PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI SURABAYA

ROHMANDA LAZUAR SYAHFRANI, 110911182 (2018) PERBEDAAN SAFETY RIDING DITINJAU DARI SELFCONSTRUAL PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 Psi.18-18 Sya p ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 Psi.18-18 Sya p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 4 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan ditinjau dari self-construal pada pengendara motor di Surabaya. Jumlah kecelakaan di Surabaya masih cenderung tinggi khususnya yang melibatkan sepeda motor. Hal ini dikarenakan banyaknya pelanggaran yang dilakukan pengendara sepeda motor tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik meneliti safety riding pengendara motor ditinjau dari faktor individu pengendara yakni self construalnya. Self-construal merupakan cara seseorang memandang diri mereka dalam relasi dengan orang lain. Ada dua model cara seseorang memandang dirinya, yaitu independent dan interdependent. Safety Riding merupakan kecenderungan perilaku mengendarai sepeda motor dengan aman, sesuai aturan dan tidak ugal-ugalan guna mengutamakan keselamatan diri dan keselamatan pengguna jalan lainnya. Penelitian ini dilakukan pada pengendara motor di Surabaya dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 278 pengendara. Terdapat 20 pengendara tidak dapat diklasifikasikan ke dalam tipe self-construal independen dan interdependen. Alat pengambilan data variabel X berupa skala self-construal yang terdiri atas 30 aitem dan disusun oleh Singelis (1994), kemudian telah diterjemahkan dan dilakukan penerjemahan kembali. Variabel Y diukur menggunakan kuesioner safety riding dengan jumlah 68 aitem yang berdasarkan safety riding Kusmagi (2010) dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik independent samples t-test dengan bantuan program statistik SPSS versi 22 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini, diperoleh hasil uji perbedaan safety riding ditinjau dari self-construal dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,826 (F=1,606 dan t=0,221). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan safety riding ditinjau dari self-construal pada pengendara sepeda motor di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.18/18 Sya p
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Sosial
Creators:
CreatorsEmail
ROHMANDA LAZUAR SYAHFRANI, 110911182UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSami’an,, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
ContributorFendy Suhariadi, Dr., M.T., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:43
Last Modified: 04 Apr 2018 01:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item