RANCANG BANGUN SISTEM PENCETAKAN ONLINE BERBASIS WEB DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI CLOUD PRINTING (STUDI KASUS: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA)

JOKO IRIANTO, 081211631011 (2018) RANCANG BANGUN SISTEM PENCETAKAN ONLINE BERBASIS WEB DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI CLOUD PRINTING (STUDI KASUS: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ST.SI.10 18 Iri r.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencetakan merupakan kebutuhan utama bagi mahasiswa. Selain untuk kebutuhan akademik, kebutuhan sehari-hari yang mengharuskan untuk mencetak dokumen juga sering ditemukan. Kebutuhan akan kemajuan dan kemudahan menimbulkan permasalahan baru di bidang pencetakan konvensional yang kurang efisien dalam hal antrian. Cloud computing menawarkan sebuah teknologi pencetakan terbaru yaitu cloud printing. Cloud printing adalah teknologi yang menghubungkan sebuah perangkat cetak dapat diakses dimanapun melalui jaringan internet (cloud) dengan melalui aplikasi secara langsung (real time). Salah satu contoh penyedia layanan cloud printing adalah Google Cloud Printer (GCP), dimana server pencetakan adalah sebuah komputer yang menggunakan chrome browser untuk menerima job print yang dikirim melalui sebuah aplikasi client. Pembangunan sistem pencetakan online dilakukan dalam empat tahap. Tahap pertama adalah identifikasi kebutuhan dan analisis kebutuhan, yaitu pengumpulan data terkait kebutuhan fungsional dan kebutuhan nonfungsional dari sistem. Pada tahap ini dilakukan wawancara, studi berkas, dan observasi kemudian dianalisis pengguna sistem, kebutuhan user dalam sistem, kendala atau hambatan yang dialami oleh sistem yang lama, fitur-fitur yang ditangani oleh sistem, input dan output yang dihasilkan oleh sistem. Tahap kedua adalah perancangan sistem, dilakukan dengan menggunakan metode berorientasi obyek dan digambarkan dalam bentuk diagram UML. Tahap ketiga adalah pembangunan sistem, pada tahap ini dilakukan pengkodean menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap keempat adalah pengujian sistem, pengujian dilakukan dengan functional testing dan acceptance testing. Hasil penelitian ini berupa program yang dapat dijalankan. Hasil pengujian acceptance testing, menunjukkan bahwa sebanyak 85% responden menyatakan sistem pencetakan online dengan memanfaatkan teknologi Google Cloud Print lebih baik dalam hal pencetakan dibandingkan dengan sistem pencetakan yang selama ini digunakan. Fungsionalitas setiap fitur yang ada dalam sistem pencetakan online telah berfungsi dengan baik dan benar, serta dapat diterima oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.10/18 Iri r (TLP)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pencetakan Online, Cloud Printing, Google Cloud Print
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T351-385 Mechanical drawing. Engineering graphics
T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
JOKO IRIANTO, 081211631011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadrus Zaman, S.Kom., M.Cs.UNSPECIFIED
Thesis advisorEto Wuryanto, Drs., DEA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Apr 2018 16:53
Last Modified: 26 Apr 2018 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71663
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item